Connect with us

Reviews

Teori, Kasus, dan Praktik PPh

Diterbitkan

pada

Pajak merupakan salah satu kewajiban semua warga negara yang memenuhi persyaratan sebagai Wajib Pajak (WP). Agar tidak salah dalam menghitung, membayar, serta melaporkan kewajiban perpajakannya, WP dituntut harus mengikuti perkembangan pajak berdasarkan undang-undang terbaru yang dikeluarkan pemerintah.

Buku berjudul Pajak Penghasilan ini secara garis besar menjelaskan dasar-dasar perpajakan, ketentuan umum perpajakan, pajak penghasilan umum, dan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21, 22, 23, 24, 25, dan 26. Selain itu, buku ini juga menguraikan PPh secara detail dan dilengkapi dengan contoh dan studi kasus. Disajikan juga contoh teknis penyampaian SPT berdasarkan peraturan pajak terbaru.

Pengajar, mahasiswa, praktisi, WP Pribadi dan Badan dapat memanfaatkan buku ini untuk menemukan cara praktis dan cepat menghitung, menyetor dan melaporkan PPh. Heru Yulianto/Foto: Rivan Fazry

 

Judul Buku       : Pajak Penghasilan

Penulis               : Jumaiyah & Adv Wahidullah

Penerbit             : Lautan Pustaka

Cetakan             : 2021

Tebal                  : 276 Halaman

Harga                 : Rp 69.000

Reviews

Konsep Peraturan Pajak di Indonesia

Diterbitkan

pada

Penulis:

Menurut teori pembenaran pajak menurut Pancasila, pajak merupakan bentuk pengorbanan masyarakat guna memenuhi kepentingan bersama dengan tidak memperoleh imbalan. Menurut Pancasila, pajak dapat dibenarkan karena iuran yang dibayarkan masyarakat kembali lagi digunakan untuk kepentingan masyarakat itu sendiri. Buku Pokok-Pokok Hukum Pajak mencoba mengenalkan konsep peraturan perpajakan ini secara lebih dalam.

Terdiri atas 13 bab, buku ini membahas pemahaman mendasar tentang konsep pajak dan pengaturannya di Indonesia, dari aturan pajak pusat dan pajak daerah beserta kritiknya, sampai konsep pajak dalam perspektif Islam.

Disajikan dengan yang jelas dan komprehensif, buku ini cocok bagi pengajar ilmu hukum dan syariah, mahasiswa, juga para praktisi pajak. Heru Yulianto/Foto: Rivan Fazry

Lanjut baca

Advertorial

Taat Membawa Berkat

Seniman dan dunia hiburan, menurut Mongol Stres, menjadi pihak yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung ini. “Karena suah enggak ada lagi yang ngumpulin massa dan bikin acara 100–1.000 orang,” ungkap komedian bernama asli Ron…

Diterbitkan

pada

Penulis:

Seniman dan dunia hiburan, menurut Mongol Stres, menjadi pihak yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung ini. “Karena suah enggak ada lagi yang ngumpulin massa dan bikin acara 100–1.000 orang,” ungkap komedian bernama asli Rony Imanuel ini di acara Spectaxcular 2021 bertema “Pajak untuk Vaksin”, Senin (22/03). Mongol ikut mengingatkan pentingnya disiplin diri […]

The post Taat Membawa Berkat appeared first on Majalah Pajak.

Lanjut baca

Reviews

Menguak Peran Kebijakan Fiskal di Masa Pandemi

Diterbitkan

pada

Penulis:

Ekonomi global tertekan oleh pandemi Covid-19 memaksa pemerintah berbagai negara, termasuk Indonesia, mengoreksi angka pertumbuhan 2020 dan membuat paket stimulus ekonomi. Di satu sisi, aktivitas ekonomi harus terus berjalan, dan di sisi lain negara juga harus tetap fokus melindungi kesehatan masyarakat. Maka, ditempuhlah kebijakan ekonomi yang salah satunya berupa pemberian insentif fiskal kepada sektor usaha yang terdampak pendemi.

Buku Insentif Pajak dan Ketahanan Fiskal Pada Masa Pandemi Covid-19 merupakan kumpulan buah pemikiran yang ditulis oleh para peneliti dari Badan Kebijakan Fiskal (BKF), pejabat di Kementerian Keuangan (Kemenkeu), dan pengajar dari Universitas Indonesia (UI). Delapan tulisan di dalamnya membahas insentif pajak, insentif fiskal sektor industri, stimulus pemulihan ekonomi melalui BUMN, sampai pada harmonisasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah. Buku ini juga menjelaskan tantangan dan peluang yang dihadapi UMKM di masa pandemi.

Disajikan dengan bahasa yang lugas, buku ini bisa menjadi referensi bagi pembaca dan peminat kebijakan publik.

 

Judul Buku      : Insentif Pajak dan Ketahanan Fiskal Pada Masa Pandemi Covid-19

Editor               : Heru Subiyantoro dan Singgih Riphat

Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan            : 2021

Tebal                 : 163 Halaman

Harga                : Rp 170.000

Lanjut baca

Populer