Terhubung dengan kami

Recollection

Si Ramai Perawat Mimpi

Aprilia Hariani K

Diterbitkan

pada

Kaum muda, sang pemimpi Kami tancapkan cita untuk Kementerian Keuangan tercinta. Dari kemenkeu muda untuk Republik Indonesia. Yang muda yang berkarya Tidak sama tapi bisa kerja sama. Kemenkeu muda: merawat mimpi lintas generasi

Demikian sepenggal pidato bergelora Pelaksana Seksi Penyajian Informasi Penganggaran, Ditjen Anggaran (DJA), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), sekaligus Duta Transformasi Kemenkeu Fitri Mayang Sari, di acara bertajuk “Kemenkeu Muda: Merawat Mimpi Lintas Generasi” memantik riuh tepuk ribuan pegawai Kemenkeu. Di baris paling depan, tampak pula guratan senyuman Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambah kehangatan aula Dhanapa, Kemenkeu, Jakarta Pusat Jumat malam (24/11) itu.

Semangat seakan semakin membuncah kala Sri Mulyani menaiki podium, memberi sambutan. “Mimpilah yang besar. Mimpilah yang mulia. Mimpilah tidak untuk diri kalian, tapi untuk kebaikan orang lain. Maka kalian akan memiliki jiwa yang terus memiliki semangat yang menyala-nyala. Dan itu yang akan memantik semua kolaborasi, kreasi, inovasi dari kalian,” seru mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Perhelatan akbar kaum muda Kemenkeu itu tak lain merupakan buah gagasan dari sang Duta Transformasi, beserta rekan-rekannya pegawai muda Kemenkeu. Tujuannya sederhana, tutur Fitri, mereka ingin merawat semangat mengabdi untuk Indonesia Raya.

“Kami yakin muda bukan masalah usia. Ini bukan perkara siapa mengerjakan apa, ini adalah kolaborasi. Di instansi ini, kami bangga bisa terus berkontribusi,” ucap Fitri.

Duta transformasi Kemenkeu

Fitri memang dikenal sangat aktif di lingkungan kerjanya. Ia selalu ikut serta dalam berbagai macam kegiatan. Bahkan, kerap masuk dalam jajaran penggagas dan panitia pelaksana. Apalagi, sejak didaulat menjadi Duta Transformasi Kemenkeu awal tahun lalu, dapat dikatakan, ia menjadi penyambung lidah instansi, baik ke internal maupun eksternal. Setidaknya ada dua tugas pokok seorang duta. Pertama, menyampaikan informasi seputar Reformasi Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan (RBTK) yang ada di Kementerian Keuangan. Kedua, menjadi penggerak utama transformasi itu sendiri.

Menariknya, Fitri mengemas dua tugas tersebut dengan gaya khas generasi milenial. Tentu, bukan lewat pamflet atau seminar formal, melainkan sambil ngopi dan ngerumpi santai ala warung kopi antara pegawai dan atasan di lobi kantor.

“Saya ingin mengurangi gap antara pimpinan dan bawahan yang selama ini ada. Dengan menyediakan jalur komunikasi yang cair, yaitu bisa ngobrolin hal di luar pekerjaan juga, agar kita bisa lebih dekat dan saling memahami,” kata Fitri.

Setidaknya, ia sudah menghelat empat kegiatan. Salah satunya, acara Roempi DJA bertema “Pak Dirjen Curhat Donk!” dengan bintang tamu Dirjen Anggaran Askolani.

Kepada Majalah Pajak, sang atasan, Dirjen DJP Askolani menyampaikan kesannya terhadap pegawainya tersebut, “Fitri itu heboh, ramai, ceria, gaya millennial. Dan saya bangga ia punya rasa percaya diri yang tinggi. Kita melihatnya jadi semangat,” ungkap Askolani.

Tak hanya merajut semangat di internal, sebagai duta transformasi, Fitri juga berupaya memberikan pemahaman mengenai APBN ke khalayak. Pada Mei lalu, ia memberikan sosialisasi APBN kepada pelajar SMA di Waingapu melalui program DJA Menyapa, dan berkolaborasi dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di Kota Waingapu.

Fitri menganalisis, tak sedikit masyarakat belum memahami tentang APBN. Misalnya sumber pendapatan dari mana, dan ke mana saja belanja APBN dihabiskan. Tak kalah penting, ia juga mendakwahkan nilai-nilai Kemenkeu, seperti integritas, sinergi, dan pelayanan.

“Selain interaksi langsung, saya juga memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Puluhan pertanyaan saya jawab di kolom komentar maupun direct message,” tambah Co-Director of Partnerships and Memberships Australia-Indonesia Youth Association (AIYA) ini.

Melalui akun instagram @fitms89 miliknya, Fitri kerap mengunggah aktivitasnya di luar. Ini sengaja ia lakukan guna mematahkan paradigma negatif tentang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang selama ini ada.

Salah satunya, unggahan foto ketika Fitri menjadi panelis @america, berbagi pengalaman sebagai mentor fotografi Rangkul Project yang disponsori oleh U.S. Department of State.

Proyek bertema “Kolaborasi Lintas Generasi dan Kultur Melalui Media Digital” tersebut melibatkan pelajar dari SMA Kolese Kanisius dan SMA Al-Izhar Pondok Labu. Selain pujian, pertanyaan pun membanjiri kolom komentar. “Kok, jadi PNS bisa aktif di berbagai organisasi di luar, Kak?” tulis salah satu followers-nya.

“Saya hendak mengubah stereotip bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu pemalas, membosankan, dan birokratif. Di mana pun kita bekerja, kita bisa inovatif dan mengembangkan bakat,” ujar Fitri yang juga penggagas photoblog Orang Jakarta ini.

Si Pendiam

Kelihaian Fitri berkomunikasi di depan umum memang sudah tak bisa diragukan lagi. Namun siapa sangka, Fitri kecil adalah anak yang pendiam dan tak percaya diri.

Hingga akhirnya fragmen itu sirna ketika perempuan kelahiran Lubuklinggau, 22 April 1989 ini, didaftarkan sang Ayah, Ono Rawas Panggarbessy untuk kursus Bahasa Inggris. Padahal, kala itu di lingkungannya, kursus bahasa Inggris tergolong hal yang jarang.

“Saya baru sadar, ayah saya sangat visioner saat itu. Beliau tahu bahasa Inggris itu penting dan akan sangat berguna untuk saya ke depannya,” kenangnya haru.

Masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya, Fitri si anak pendiam itu mulai belajar berorganisasi dan mengikuti sejumlah kompetisi. Ia belajar menulis teks pidato bahasa Inggris.

Meskipun awalnya gugup hingga keringat dingin, toh kegigihan mampu mengalahkan semua rasa itu. Ia belajar dari sang bunda, bahwa hidup adalah perjuangan dan pengorbanan. Kesungguhan untuk mengalahkan rasa takut dan minder membuahkan hasil.

Di bangku SMP, Fitri mampu menjuarai lomba pidato Bahasa Inggris tingkat pelajar SMP-SMA se-Kota Lubuklinggau.

“Education is more important than wealth. If we use our education, it will not disappear and it will even getting better and better. But if we use our wealth, it will lose and disappear,” ucap peraih medali perunggu Pencak Silat pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) tingkat Sumatera Selatan ini mengingat pidato yang digubahnya kala itu.

Selain pidato, berbagai prestasi lain juga telah ia ukir. Seperti menjuarai Lomba Mata Pelajaran IPA, Lomba Baca Puisi, Lomba Cepat Tepat, Lomba Siswa Teladan, Lomba Pencak Silat, Olimpiade Komputer, Karya Ilmiah, Lomba Basket, Lomba Pelafalan UUD 1945, serta Latihan Kepemimpinan Siswa. Ya, si pendiam itu telah menjelma menjadi remaja multitalenta.

Kecintaannya belajar, mengantarkannya masuk di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Dan kini, Fitri fokus untuk berkarya di Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Recollection

Akhir Tualang sang Pialang

W Hanjarwadi

Diterbitkan

pada

Penulis:

Petualangannya sebagai pialang pernah mengantarkannya pada kemapanan finansial. Namun, memilih alih profesi karena hari-harinya selalu dirundung ketegangan.

Saham merupakan instrumen investasi yang menjanjikan keuntungan cukup menggiurkan. Pemegang saham perusahaan, misalnya, bisa mendapat pemasukan dari pembagian laba perusahaan berdasarkan jumlah saham yang mereka pegang. Pemilik saham juga berpotensi meraup capital gain dari penjualan kembali saham yang mereka beli sebelumnya.

Ada dua tujuan orang bermain saham, yakni jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan jangka pendek biasanya dilakukan oleh trader atau orang yang berkecimpung dalam trading saham. Trader adalah sebutan untuk seseorang yang berdagang di pasar valuta asing atau pasar saham. Trader menyelesaikan operasi perdagangannya dengan menggunakan dana mereka sendiri atau dengan menggunakan dana investor yang telah dialokasikan sebagai dana kelolaan. Trader mendapatkan uang melalui perubahan harga instrumen yang mereka perdagangkan.

Tujuan jangka panjang biasanya dilakukan oleh para investor saham, yakni mereka yang menempatkan dananya dalam instrumen investasi di pasar saham untuk ditahan dalam jangka waktu panjang. Investor ada dua jenis, yakni institusi dan perorangan. Investor biasanya membutuhkan broker atau pialang saham sebagai perantara dalam bertransaksi atau melakukan jual beli saham di pasar modal. Pialang saham bisa perorangan atau firma.

Sebagai seorang perantara, menjadi pialang berarti harus siap bermain roller coaster. Salah perhitungan, berarti kerugian. Perasaan seperti itulah yang dulu sering dirasakan Eddi Wahyudi, mantan pialang saham yang kini bekerja sebagai Tenaga Pengkaji Bidang Pelayanan Perpajakan Direktorat Jenderal Pajak.

“Kematangan emosi pialang juga penting, karena antara rakus dan gigih itu beda tipis.”

“Seorang pialang harus memiliki kematangan emosi,” tutur Eddi kepada Majalah Pajak di ruangannya, kantor Pusat Ditjen Pajak, pada Senin petang (17/9).

Kiprah Eddi di dunia pasar modal dimulai sejak tahun 1997. Usai pekerjaan di proyek kontraktornya rampung, kala itu sarjana teknik Universitas Islam Indonesia ini melamar ke sebuah perusahaan trading. Alasannya simpel. “Saya tertarik saja,” ujar pria kelahiran Semarang, 1 Juni 1971 ini seraya tertawa.

Di perusahaan barunya itu, awalnya Eddi hanya staf biasa. Namun, kecakapannya di bidang statistik dan matematika, membuat Eddi dipercaya menggawangi divisi riset. Tak berapa lama, ia dipercaya menjadi pialang komoditas, saham, dan forex atau valas (valuta asing). Sejak saat itu kebiasaan Eddi pun mulai berubah.

“Hampir 24 jam nonstop saya berada di tiga layar komputernya sekaligus, baik di kantor maupun di ruang kerjanya di rumah.”

Komputer satu untuk memantau berita media massa, komputer dua untuk memantau situs trading, komputer tiga khusus untuk transaksi. Ibaratnya, mata Eddi harus setajam elang menganalisis fluktuasi pasar yang bergerak secepat kilat. Setiap spekulasi harus akurat. Sebab, lengah sedikit saja akan rugi.

“Roller coaster”

Seperti pialang pada umumnya, Eddi pun mengibaratkan masa mudanya itu sebagai wahana roller coaster. Walaupun, ia mengakui kemapanan yang ia dapatkan setimpal. Apalagi, Eddi waktu itu ia baru berusia 26 tahun dan belum menikah.

Forex itu hitungannya detik. Hidupku seperti roller coaster. Jantung naik-turun, 24 jam tidak tidur kalau lagi kenceng karena sebagai pialang, kita harus mengamankan supaya tidak rugi, untung, atau rugi sedikit,” tutur pria pencinta dunia robotik ini.

Menurut Eddi, spekulasi juga jangan asal tebak kancing. Sebelum melakukan trading, pialang harus mempelajari fundamental analysis. Langkah awal, pialang harus mengetahui kondisi pasar. Bisa melalui website rujukan, memantau isu ekonomi terkini seperti kebijakan Federal Reserve System (Bank Sentral AS), harga minyak, dan lain-lain. Hal tak kalah penting adalah memerhatikan sektor industri yang tengah menguat dan lemah. Kemudian, mencari kandidat saham potensial untuk diperdagangkan. Selain itu, Eddi juga mesti menganalisis kekuatan fundamental pasar yang berguna mengetahui batas tertinggi dan terendah harga yang pernah dicapai dalam 52 minggu ke belakang. Dengan begitu, pialang akan mampu mengetahui harga target yang akan dicapai ataupun stop-loss.

Fundamental analysis (FA) dan technical analysis (TA) ini sebagai kompas para pialang untuk menentukan when to buy and when to sell,” kata Eddi.

Kepiawaian Eddi berspekulasi mengantarkannya pada posisi yang mapan pada usia yang relatif muda. Bisa dikatakan, ia menjelma pialang yang cukup andal. Eddi bahkan pernah menulis buku saku untuk menjadi panduan rekan-rekan trader-nya.

Namun, terkadang ia juga rugi hingga ratusan juta rupiah. Suatu waktu, Eddi mendapat klien, investor yang cukup besar. Eddi melakukan strategi investasi konservatif dengan waktu trading satu sampai tiga minggu. Polanya, mengikuti pergerakan harga pasar.

Dengan perlakukan konservatif, biasanya seorang pialang harus memutuskan untuk fokus pada saham yang memiliki fundamental kuat. Stock rating-nya pun antara 8 hingga 10. Dalam kondisi ini, pialang biasanya menentukan harga terendah dan tertinggi dalam enam bulan terakhir, minimal 20 persen pergerakan dari harga awal. Teori ini tampaknya tak melulu tepat. Entah mengapa, menurut Eddi, meski telah mengikuti rambu-rambu itu, harga sahamnya jatuh dan merugi hingga ribuan dollar AS.

Gagal menerapkan rambu-rambu konservatif itu, Eddi terbang ke Singapura untuk belajar kursus pasar modal. Ia masih penasaran karena meski telah mengikuti teori yang ada, toh, masih merugi juga. Walaupun akhirnya ia mampu mati-matian mengembalikan modal investor hingga di titik ekuilibrium.

“Apa yang salah, ya? Masih saja loss,” rutuknya dalam hati ketika itu. Cukup lama Eddi merenung. Ia berusaha terus mencari sendiri jawabannya. “Benar, fundamental analysis dan technical analysis sebagai kompas, tapi kematangan emosi pialang juga penting. Karena antara rakus dan gigih itu beda tipis,” kata Eddi. “Bagi anak muda yang tidak siap, disarankan menggunakan jasa manajer investasi saja,” tambahnya kemudian.

Pensiun dari pialang

Hidup dalam hari-hari penuh ketegangan bak roller coaster membuat Eddy berkontemplasi. Akhirnya, tahun 1998, ia membuat keputusan yang mengagetkan kawan-kawan pialangnya. Suami Dyan Septita ini memutuskan hengkang dari dunia pialang.

“Aku memutuskan untuk stop,” kata Eddi.

Krisis moneter yang sedang melanda Indonesia tahun itu membuat Eddi semakin mantap melepas predikat pialang yang selama ini melekat. Sang ayah yang bekerja sebagai pegawai Kementerian Keuangan merekomendasikannya untuk mengikuti seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Eddi mengikuti saran sang ayah dan lulus dalam seleksi itu.

Babak baru kehidupan Eddi pun dimulai. Tahun 1998, ia menjabat sebagai staf penilaian properti Subdirektorat Tanah dan Bangunan Pajak. Di sana, ia dan pegawai lainnya, Edy Sukarno, Herwin Hendramulia Siregar ditugaskan membuat sistem Daftar Biaya Komponen Bangunan (DBKB) 2000. DBKB 2000 merupakan sistem penilaian bangunan yang mempermudah penilaian bangunan dengan struktur high rise building. Sistem itu berhasil diadopsi Ditjen Pajak. Bahkan, hingga sekarang masih langgeng digunakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Setelah itu Eddi juga membuat sistem penilaian jalan tol, bandara, kilang minyak, dan menara telekomunikasi.

Saat ia menjabat sebagai Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pondok Aren tahun 2015—2017, Eddi juga meracik sistem berbasis komunitas. Ia bersama pegawainya mengumpulkan pelaku UMKM itu dalam satu komunitas, membekali mereka dengan strategi pengembangan usaha dan edukasi perpajakan. Komunitas UMKM itu diberi nama UMKM Sahabat Pajak (USP). Berkat USP, KPP Pratama Pondok Aren meraih juara nasional KPP Percontohan Tahun 2017. Kini, USP diadopsi oleh sejumlah KPP di Indonesia.

Lanjutkan Membaca

Recollection

“Ngomik” Berbagi tanpa Menggurui

Aprilia Hariani K

Diterbitkan

pada

Lewat komik ia tak hanya sekadar berbagi cerita, tapi juga ingin berbagi inspirasi dan nilai-nilai kebaikan kepada khalayak tanpa harus menggurui.

Komik Tintin dan Picaros adalah salah satu koleksi buku yang tak akan pernah bisa dilupakan Ardian Chandra. Pria asli Jombang, Jawa Timur yang kelak lebih dikenal dengan nama pena Squ ini mengenal komik terjemahan dengan judul asli The Adventures of Tintin and The Picaros ciptaan Herge itu sekitar tahun ’80-an. Ketika itu usianya belum genap 10 tahun, masih duduk di bangku sekolah dasar. Setiap pulang sekolah, sembari duduk bersandar di tembok teras rumahnya di Desa Babatan, ia asyik menikmati komik yang serial pertamanya dipublikasikan di koran Belgia, Le Vingtième Siècle tahun 1929 itu.

Sesekali ia mengalihkan perhatian pada secarik kertas di sisinya yang sengaja ia siapkan, lalu membuat coretan-coretan membentuk sketsa-sketsa tokoh kartun. Terkadang ia menghapus sketsa itu jika hasilnya tak sesuai dengan imajinasinya. Rupanya itulah cara Ardian kecil mengabadikan tokoh-tokoh imajiner yang tiba-tiba muncul di kepalanya ketika membaca komik itu.

Ya, komikus yang juga berkarier di Direktorat jenderal Pajak sebagai Fungsional Pemeriksa Muda KPP Pratama Setiabudi itu mengaku, sejak kecil memang penggila komik, cerita pendek, dan novel. Baginya waktu luang adalah kesempatan emas untuk melahap habis cerita demi cerita pada setiap buku. Apalagi setelah itu ia dapat melampiaskan bakat menggambar dengan lebih imajinatif. Jika sudah larut dengan buku-buku yang dibacanya, Ardian bisa lupa dengan rasa laparnya. Ia masih ingat betul ketika sang bunda selalu dibuat repot dan berteriak-teriak demi mengingatkan makan siangnya.

“Tintin membuka jalan imajinasi, memberi semangat menggambar. Kisahnya seru, mengajarkan untuk setia pada profesi, jujur, pintar untuk membantu sesama,” kata Squ di kantornya di KPP Pratama Setiabudi, Jakarta, Senin petang (23/7).

Masih terpatri pula di benaknya, gambar pertama yang ia torehkan di atas kertasnya usai membaca komik populer itu. Sebuah sketsa anak laki-laki bermata sipit, hampir mirip jurnalis di komik Herge itu. Hanya saja, versi yang ia gambar kala itu tanpa leher. Melihat gambar itu sang kakak, Dewayanti, kontan meledek Squ sembari terbahak. “Eh, gambar orang itu punya leher. Terus, rambutnya mana?” celetuk Dewayanti.

Sejak saat itulah Squ semakin terpacu untuk menggambar. Beranjak sekolah menengah pertama ia sudah mulai mencoba membuat komik genre silat yang dimuat di majalah sekolah. Salah satu judul yang masih diingatnya adalah Arit Anthrax yang terpajang di majalah dinding (mading) sekolahnya, SMA Negeri 2 Jombang. Cerita Arit Anthrax, diilhami oleh buku-buku cerita, semisal serial Nagasasra dan Sabuk Inten karya S.H Mintardja yang ia baca di perpustakaan milik bibinya. Inspirasi gambar komik perdananya itu bersumber dari serial komik Tintin. Penguasaan narasi kisah serta pembendaharaan kata, ia dapatkan dari novel-novel yang senantiasa ia lahap di waktu senggang. Sebut saja, 43 seri novel Trio Dektektif yang dikarang Alfred Hitchcock, Lima Sekawan dari penulis fiksi asal Inggris Enid Blyton, dan masih banyak lagi.

“Banyak komikus yang gambarnya bagus tapi tidak bisa menulis. Mustahil bisa menulis, jika tidak rajin membaca. Membaca, menulis, menggambar satu kesatuan,” kata pria berkaca mata ini.

Keyakinannya itu ia manifestasikan ke dalam sebuah novel bernuansa romantik. Bahkan saat remaja, Squ sudah percaya diri menyodorkan naskah novelnya ke penerbit tersohor di Indonesia. Kendati berkali-kali ditolak, ia pantang menyerah. Mimpinya tetap ia peluk erat.

“Kalau ada amplop besar datang, itu dari Gramedia. Berarti naskah saya dikembaliin. Sedih,” ujarnya mengenang.

Squ enggan berlama-lama larut dalam kesedihan. Semakin ditolak, api semangat justru semakin berkobar. Beberapa minggu setelah penolakan, Squ kembali menggambar juga menulis. Sayang, arsip tulisannya itu hilang sebelum sempat dipublikasikan. Namun, mimpinya tetap melekat. Apalagi ketika masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) 1996 ia didaulat menjadi kartunis dan komikus di majalah kampusnya.

“Salah satu karikatur yang saya ingat soal isu lulusan STAN enggak ada ikatan dinas lagi,” kenang Squ.

“Ternyata ketika niat kita berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang lain, maka Allah kasih rezeki tidak terduga.”

Pengin jadi baik

Lulus kuliah dan berkarier menjadi fiskus di Ditjen Pajak tetap tak menghalangi mimpi Squ menjadi komikus. Ia konsisten menelurkan karya, baik berupa cerpen, novel, ataupun karikatur. Ada juga komik, meski hanya beberapa lembar.

Hasil imajinasinya itu tak pernah ia biarkan mengendap begitu saja. Ia membagikan ke blog pribadi, blog kantor, serta Facebook. “Alhamdulillah, bagus responsnya,” ujarnya tersenyum lega.

Tahun 2008, ketika ia dimutasi ke KPP Mojekerto, karier di bidang komik dimulai bisa dibilang benar-benar ia tekuni lebih serius. Squ bersama sang istri dan anak tinggal di Desa Plemahan. Di sana, sang istri menjadi guru mengaji di musala dekat rumah. Squ pun tertarik berbagi ilmu agama dengan sekitar 70 anak-anak itu. Nah, di momen hidup ini Squ mengaku ingin menjadi orang yang lebih baik. “Dan, saya yakin semua orang pengin jadi baik,” tegasnya.

Keyakinan Squ itu, kemudian ia narasikan ke dalam sebuah cerita pendek yang berkembang menjadi buku komik Pengen Jadi Baik jilid satu sampai empat yang ia terbitkan selama rentang tahun 2014-2018. Tokohnya tak lagi fiksi. Seluruh anggota keluarga sebagai tokoh nyata dalam cerita. Menariknya, Squ mampu mengemas unsur islami dengan renyah. Ia juga cakap memberi bumbu humor di sela-sela mendakwahkan ilmu agama di komiknya. Seperti nukilan percakapan di buku Pengen Jadi Baik berikut ini:

“Aku dikatain terus sama anak-anak lain. Kevin Bogang, Kevin ompong,” Kata Kevin kepada ayahnya dalam komik itu. Si ayah menjawab, “Yuk rajin gosok gigi biar gigi sehat. Bersiwak (gosok gigi) merupakan sunah Rasulullah Saw. Bisa pakai siwak atau sikat dan pasta gigi.”

Naskahnya itu ia luncurkan dalam bentuk buku elektronik Pengen Jadi Baik (2011) secara gratis. Hingga akhirnya, impian itu datang. Salah satu penerbit menghubunginya, menawarkan untuk menerbitkan tulisan-tulisan Squ dalam sebuah buku.

“Ya Allah, impian sejak kecil punya buku terwujud. Ternyata ketika niat kita berkarya agar bisa bermanfaat untuk orang lain, maka Allah kasih rezeki tidak terduga,” ungkap Squ dalam hati kala itu.

Tahun 2014 komik Pengen Jadi Baik I terbit, disusul Pengen Jadi Baik 2 (2015), Pengen Jadi Baik 3 (2016), dan Pengen Jadi Baik 4 (2018). “Alhamdulillah, seluruh komik kini menjadi best seller di Gramedia. Penerbit yang pernah menolak naskah saya dulu,” syukur Squ. Sekitar 90 ribu komik telah terjual. Tahun ini ia juga akan membagikan gratis buklet komik Riba Bukan Opsi.

Di tengah kesuksesan Squ menjadi penulis sekaligus komikus, ia mengaku harus pula bekerja dengan maksimal sebagai fiskus. Ia harus mampu membagi waktu istirahatnya untuk terus membuat karya.

“Pulang kerja bikin komik sampai larut malam. Kadang sampai dini hari. Sebelum dan sesudah Subuh juga sesempatnya ngomik, baru berangkat kerja,” kata Squ yang juga mengaku pernah ditegur pimpinan lantaran dinilai ada penurunan kinerja. Namun, ia mengaku tak patah hati, baginya teguran itu menjadi bahan introspeksi diri dan penyemangatnya bekerja. Selain bekerja sesuai fungsi, Squ kerap ditugaskan membuat karikatur maupun komik layanan perpajakan di kantornya. Bagi Squ mimpinya saat ini tak lagi milik sendiri. Seutuhnya ia niatkan agar bermanfaat bagi khalayak.

Lanjutkan Membaca

Recollection

‘Tsunami Gayus’ dan Langgam Penghibur sang Fiskus

Aprilia Hariani K

Diterbitkan

pada

Gayus adalah sejarah kelam yang tak akan pernah bisa dihapus. Namun, ia juga setitik hikmah untuk saling menguatkan dan terus berbenah.

The night seems to fade

But the moonlight lingers on

There are wonders for everyone

The stars shine so bright

Demikian petikan lagu “Kingston Town” karya UB40 yang diaransemen ulang dan dinyanyikan Iqbal Alamsjah dalam album perdananya yang dirilis 2010 silam. Iqbal—begitu lelaki kelahiran Jakarta ini biasa disapa—memang bukanlah musisi tanah air sekondang Chrisye, Broery Marantika atau penyanyi kawakan lainnya. Namun, soal kualitas suara, ia tak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti, penyanyi senior sekelas Dewi Yull pun mau berduet dan merilis album bersamanya.

Bagi lelaki yang sejak tahun 2014 hingga 2017 menjabat Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik (humas) Kementerian Pariwisata ini, menyanyi bukan saja sarana menyalurkan hobi, tapi juga menyeimbangkan otak kanannya. Sebelum hijrah ke Kementerian Pariwisata, Iqbal bekerja di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sejak tahun 1990 dengan jabatan terakhir sebagai Direktur P2Humas Direktorat Jenderal Pajak.

Ide Iqbal untuk mengaransemen lagu UB40 itu bukan tanpa alasan. Selain ia memang hobi tarik suara, kala itu ia ingin menghibur rekan-rekan sejawatnya yang terpukul ketika mencuatnya kasus Gayus Tambunan. Seperti kita tahu, tahun 2010 silam, Kementerian Keuangan dan DJP terpukul dengan kasus suap itu. Kala itu banyak pegawai pajak yang malu dan terluka karena dedikasi mereka ternodai. Peristiwa itu sungguh menyakitkan. Namun, selalu ada hikmah positif di balik sebuah bencana. Kasus itu menjadi momentum revitalisasi reformasi birokrasi, tidak saja bagi DJP, tapi bagi banyak institusi pemerintah lainnya.

“Situasi saat itu, kami (pegawai pajak) seperti terkena bencana tsunami. Kami semua ‘sakit perut’, tsunami gara-gara Gayus,” kisahnya seraya mengelus dada.

Bagaimana tidak, Iqbal ingat betul, dampak kasus Gayus telah menyerang mental para fiskus. Bahkan, untuk turun dari angkutan umum di depan Kantor Pusat DJP pun pegawai pajak malu.

“Karena kernet bus selalu bilang, halte depan kantor adalah halte Gayus. ‘Gayus turun, Gayus turun, Gayus turun,’” kata Iqbal.

Menyulut semangat

Perih dan pahit yang melanda institusinya inilah yang memantik semangat Iqbal untuk menghibur dan menyulut semangat rekan-rekan sejawatnya melalui musik. Seperti kata filsuf Yunani Phytagoras, bermusik adalah sebuah jalan untuk membersihkan roh sehingga pada masa sang filsuf itu, musik begitu dimuliakan.

“Saya bikin album ini tidak lain untuk menetralisasi keadaan teman-teman. Bukan sok, ya. Saya hanya ingin menghibur teman-teman dengan musik supaya mereka tidak terfokus pada perbuatan (kasus) yang tidak mereka lakukan,” ucap pria yang pernah menjabat Kabid P2humas Kanwil DJP Jawa Timur Tahun 2008 ini.

Selain lagu UB40, dalam album perdananya itu, Iqbal juga mendendangkan lagu “What a wonderful World”— Louis Armstrong, “The Way it Used to Be”— Engelbert Humperdinck, dan lagu lokal “Manusia “ milik Radja. Ia berharap lagu-lagu itu dapat memantik semangat teman-temannya.

“Seperti kata hadis, khoirunnas anfa’uhum linnas. Bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama,” jelasnya.

Sebagai Direktur P2Humas kala itu, adanya kasus itu membuat Iqbal pun harus tanah menghadapi hantaman berita miring dari berbagai media nasional maupun internasional. Iqbal dituntut cermat dan tepat memberi penjelasan menghadapi serbuan pertanyaan para jurnalis setiap harinya, bahkan setiap menit melalui pesan singkat yang masuk ke ponselnya.

Kala itu, ia pun akhirnya membuat program edukasi perpajakan untuk wartawan setiap hari Jumat, sekaligus untuk mengakomodasi para wartawan dalam menghimpun informasi dari Ditjen Pajak secara akurat dan faktual.

“Bukan untuk soal kasus itu saja. Tapi saya juga jelaskan ke wartawan kerangka kerja prosedur masing-masing Direktorat. Kenapa Wajib Pajak (WP) ini diperiksa, ada kriterianya. Bagaimana WP Keberatan, bagaimana banding ke pengadilan, dan lain-lain. Teman-teman (wartawan) kami beri penjelasan yang benar supaya menulisnya juga benar,” ungkapnya.

“Gelombang tsunami” itu rupanya tak berakhir begitu saja. Di luar pagar kantor, mentalnya juga diuji dengan harus menghadapi ratusan demonstran. Momen perih ini berlangsung nyaris setiap hari selama empat bulan.

”Stres, pusing, seperti tsunami. Tapi, prinsip saya, ke mana-mana kami harus dapat memberikan penjelasan yang benar kepada para stakeholders, bukan hanya bentuk pembelaan,” kata Kasubdit Sarana Tenaga Penyuluhan Direktorat Penyuluhan Perpajakan DJP tahun 2002 ini.

Meski demikian, di balik semua gelombang yang menerjang, Iqbal tetap bersyukur ada hikmahnya. “Mungkin jika tidak ada ‘tsunami’ itu, album ini tidak ada,” kata pria yang hobi cocok tanam tabulampot ini.

Untuk para pegawai Ditjen Pajak, Iqbal berpesan agar selalu ingat akan seruan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati agar bekerja dengan profesional dan tahan godaan.

Anak Betawi

Kecintaan Iqbal pada musik sebenarnya bermula dari sebuah piringan hitam milik ayahnya, H. M. Djamin Ali. Hampir saban hari lagu-lagu lawas diputar di rumahnya, di daerah Tanah Abang Jakarta.

“Setiap hari lagu ‘Fatwa Pujangga’ diputar, kami menyanyi bersama. Suka duka, nyanyi. Eh, hidup ini enjoy aji, cuy ,” ungkap penyuka rompi kulit ini dengan logat Betawinya.

“Semua yang kukatakan rasanya tak berlebihan. Lalu bagaimana agar dapat yakinkan hatimu. Namun bila kau ragukan, sudah jangan kau paksakan. Setidaknya kau telah tahu segalaku untukmu…” lanjut Iqbal melantunkan lagu “Segala Untukmu” dalam album The Legend Reborn yang ia rilis bersama Dewi Yull pada awal 2018 lalu.

Bakat menyanyi Iqbal itu rupanya tercium oleh ayahnya. Apalagi saat itu ia juga gemar menikmati pertunjukan sebuah teater di Taman Ismail Marzuki (TIM) Cikini. Khawatir tercebur ke dunia seni kian dalam, ayahnya dengan tegas melarang Iqbal menjadi musisi ataupun seniman. Alasannya klasik—kehidupan seniman yang cenderung dianggap tak terjamin secara ekonomi.

“Mending sekolah dulu,” kata Iqbal menirukan perkataan ayahnya waktu itu.

Kecemasan ayahanda dipatuhi oleh Iqbal. Ia sadar, musik memang sudah ada dalam sukmanya, tapi ia juga percaya, tak harus jadi musisi untuk dapat bermusik. Karenanya, ia kemudian fokus pada pendidikan dengan masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

“Di STAN itu sistem gugur, ketat sistem belajarnya. Tantangan kitalah untuk mengikutinya. Tapi, nyanyi bisa dilakukan di mana saja. Musik tidak terbatas ruang,” ujarnya, sebelum kembali mendendangkan lagu “Kharisma Cinta” dari album keduanya. “Cinta sungguh indah cintamu… Walaupun terasa hampa jika engkau tiada…”

Kerja kerasnya pun mengantarkannya menjadi seorang sarjana/Diploma IV. Di tahun 1990, ia menjabat sebagai Kepala Subseksi Pemeriksaan (UPPP) Bandar Lampung. Kemudian, di tahun 1996, ia meraih beasiswa di Vanderbilt University, Amerika Serikat.

Prinsip saya, ke mana-mana kami harus dapat memberikan penjelasan yang benar kepada para stakeholders, bukan hanya bentuk pembelaan.

Titik balik

Dua puluh empat tahun mengabdi di Ditjen Pajak mengantarkan Iqbal pada suatu keputusan tak biasa. Tepat tahun 2014, ia memilih pindah haluan dengan melamar di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf). Alasannya sederhana. Kepada Menteri Parekraf saat itu, Mari Elka Pangestu, yang mewawancarainya, Iqbal menjawab ia ingin memaksimalkan otak kanannya. Selain itu, ingin menjembatani anak-anak muda yang kreatif agar bisa mengali potensi mereka.

Syahdan, Iqbal diterima dan menjabat sebagai Direktur Ekonomi kreatif berbasis Desain dan Iptek (EKMDI). Iqbal, mengingat momen itu sebagai sebuah titik balik seorang anak Betawi yang cinta seni. Di bawah nakhodanya, sejumlah program yang memopulerkan istilah ekonomi kreatif pun terbangun. Misalnya, dalam hal mencipta lagu, paradigmanya bukan sekadar budaya atau seni, tapi juga mengandung esensi ekonomi kreatif. Ia juga fokus mendorong film animasi dan komik, buku fiksi dan nonfiksi, audio video, dan periklanan cetak maupun digital.

Dalam perjalanannya, rezim pemerintah pun berganti. Menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK, Dr. Arief Yahya Msc sebagai Menteri Pariwisata, mendaulat Iqbal menjadi Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik (humas) Kementerian Pariwisata 2014–2017. Di sinilah kembali titik balik ia temui. Jabatan yang mempertemukannya lagi dengan awak media. Tahun lalu, Iqbal bahkan mampu mengantarkan Kementerian Pariwisata meraih dua penghargaan di ajang Anugerah Media Humas 2017 yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Bakohumas. Pada tahun yang sama ia juga memperkenalkan nama panggungnya sebagai Billy Collomero dan meluncurkan album The Legend Reborn hasil duetnya dengan Dewi Yull. Nama panggung Billy Collomerro diusulkan oleh si pencipta lagu, Harry Tasman.

Tahun ini masa pensiun Billy Collomerro telah tiba. Namun, bukan berarti jiwa seninya ikut purna. Ia masih ingin merilis Album religi pop rock bersama Ian Antono (Godbless). Ia juga berniat merilis buku motivasi untuk memberi semangat para pensiunan pegawai negeri sipil untuk berkarya di bidang apa pun.

“Kita lihat saja Haji Muhidin (Latief Sitepu) jadi pemain sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Usia 66 tahun, pensiunan Kementerian Perhubungan jadi aktor antagonis terbaik,” sebut Doktor Marketing Strategik lulusan Universitas Padjajaran tahun 2007 ini.

Lanjutkan Membaca

Breaking News

Breaking News4 minggu lalu

Prasyarat Menuju Industry 4.0

Revolusi Industri 4.0 menjadi peluang menyerap banyak tenaga kerja profesional. Namun, perlu upaya “link and match” antara industri dengan lembaga...

Breaking News1 bulan lalu

Menjaga Momentum Reformasi Perpajakan

Penulis: Aditya Wibisono   Reformasi perpajakan di Indonesia saat ini sudah memasuki tahun kedua dengan target penyelesaian yang dipercepat, yang...

Breaking News1 bulan lalu

Tiga Pilar Sukses Pajak

Di usia yang ke-53 tahun, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) telah menjadi asosiasi berkelas dunia dengan jumlah anggota yang memiliki...

Breaking News2 bulan lalu

Andai Lapor Pajak Bisa Lebih Sederhana

 Meski pemerintah telah berupaya keras melakukan simplifikasi aturan dan tata cara memenuhi kewajiban perpajakan bagi Wajib Pajak, ternyata sistem perpajakan...

Breaking News2 bulan lalu

‘Sajak’ untuk Generasi Millennial

Penulis: Nilasari   Bonus demografi yang dipenuhi oleh generasi millennial harus dioptimalkan untuk mendukung budaya sadar pajak yang diharapkan dapat...

Breaking News3 bulan lalu

Mengisi Ruang Penyempurnaan

DJP terus mengembangkan program-program untuk memaksimalkan kinerja dan kualitas pelayanan, mulai dari simplifikasi aturan, penurunan tarif pajak hingga penguatan teknologi...

Breaking News4 bulan lalu

Forum Ekonomi Dunia Nobatkan OnlinePajak Sebagai Pionir Teknologi 2018

OnlinePajak, aplikasi perpajakan pertama di Indonesia yang mengadaptasi teknologi blockchain, semakin menancapkan eksistensinya di dunia fintek setelah dinobatkan sebagai Pionir...

Breaking News8 bulan lalu

Panglima TNI: Patuh Pajak Wujud Cinta Tanah Air

Panglima Tentara Nasional Indonesia, Marsekal Hadi Tjahjanto, menegaskan, kepatuhan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan merupakan wujud cinta tanah air bagi...

Breaking News9 bulan lalu

Capital Life Syariah dan AAD Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah

PT Capital Life Syariah dan PT Asuransi Adira Dinamika (AAD) menandatangani Perjanjian Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah, di Kantor Pusat...

Breaking News10 bulan lalu

Majalah Pajak Print Review

Advertisement Pajak-New01

Trending