Connect with us

Feature

Serius Berhumor

W Hanjarwadi

Diterbitkan

pada

Foto: Dok Ihik3

Humor lebih dari sekadar lelucon yang dinikmati sambil lalu, tapi alat komunikasi efektif untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat.

“Kalau Anda melihat singkatan Ihik3, artinya Anda harus membaca ‘Ihik-Ihik-Ihik’. Boleh sambil menahan senyum atau ketawa ngikik.”

Begitulah kalimat pembuka yang tertera dalam lembar profil Institut Humor Indonesia Kini atau biasa disingkat Ihik3 yang tertera pada laman situs resminya. Membaca itu, paling tidak kita akan mesem sendiri. Dan itu bagus karena membuat orang tersenyum adalah ibadah. Bagi Anda yang kehilangan senyum atau tawa, bergegaslah ke markas Ihik3 di Menara DDTC, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Anda akan dibuat ngikik tanpa beban, sekaligus terhenyak saat menyadari betapa seriusnya humor saat dikaji sebagai disiplin ilmu.

Ihik3 adalah pusat kegiatan humor yang mengelola humor secara serius dan profesional berbasis pengalaman, ilmu pengetahuan, dan riset yang komprehensif. Lembaga ini didukung oleh literatur dari dalam maupun luar negeri dan ditangani para praktisi dan akademisi peminat humor.

Ihik3  lahir dari gagasan Danny Septriadi, Darminto M Sudarmo, dan Seno Gumira Ajidarma. Dua nama terakhir ini cukup familier di dunia seni. Seno adalah sosok sastrawan kawakan yang karya-karyanya tak asing lagi. Puluhan novel dan cerpen sastra telah ia bukukan. Salah satu karya yang memukau adalah Cerpen “Sepotong Senja untuk Pacarku”. Seno kini juga aktif menulis di berbagai media tentang kebudayaan kontemporer. Sayang, saat Majalah Pajak berkunjung ke markas Ihik3 pada Kamis sore (24/10), pria kelahiran Boston, AS 19 Juni 1958 ini tak bisa datang—mungkin sedang berada di alam humor, memotong senja untuk diberikan kepada pacarnya.

Selain dunia sastra, Seno juga sangat peduli pada seni humor. Ia telah meneliti banyak karya kartun maupun komik yang jarang terpikir oleh peneliti lain. Di mata Seno, humor seperti musik jazz—meliuk-liuk, mendesis-desis, mendadak-dadak; tak bisa diduga, tak bisa ditebak bagaimana akhirnya.

Darminto M Sudarmo pun hari itu tak bisa hadir. Pria kelahiran Kendal, Jawa Tengah 1956 ini adalah wartawan, sekaligus kartunis. Ia juga menulis buku aneka lelucon dan kajian tentang humor. Sampai saat ini ia masih setia menjadi pewarta yang sigap menarikan jemarinya di atas papan ketik komputernya—tak peduli kini orang lebih suka menonton Youtube daripada membaca berita.

Berbeda dengan Seno dan Darminto, profesi Danny Septriadi bisa dikatakan sama sekali jauh dari dunia seni. Danny adalah praktisi sekaligus akademisi di bidang perpajakan. Menyandingkan kata pajak dan humor sekilas seperti menyandingkan bumi dan langit. Bagaimana tidak, perpajakan adalah bidang yang identik dengan angka dan hitung-hitungan njlimet, sementara humor sebaliknya. Namun, di situlah kejelian Danny menunjukkan bahwa humor bisa masuk ke ranah mana saja, disajikan dan dan dinikmati oleh siapa saja.

Pengajar Pajak Internasional di Magister Akuntansi Universitas Indonesia itu mengatakan, kehadiran Ihik3 tak lain untuk membantu orang agar mempunyai kemampuan secara mandiri untuk mengembangkan dan mengaplikasikan humor dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam menjalankan kegiatan profesinya.

Selain Danny, hari itu kami ditemani oleh Chief Executive Officer Ihik3 Novrita Widiyastuti dan Yasser Fikry, Chief Creative Officer Ihik3. Novrita yang biasa dipanggil Novri ini adalah akademisi, pegiat serta periset humor yang memasukkan humor sebagai bahan skripsi dan tesisnya. Perempuan kelahiran Jakarta, 1 November 1979 sudah menyukai humor sejak remaja. Ketertarikan Novrita tentang humor berangkat dari masih sedikitnya orang yang mau mengkaji humor secara serius.

“Humor itu penting diterapkan di kehidupan sehari hari karena banyak sekali manfaatnya, terutama untuk kesehatan. Penelitian dan buku kajian humor saat ini masih sedikit sekali di Indonesia,” tutur Novrita.

Senada dengan Novrita, Yasser Fikry pun memandang, humor sangat penting dan harus disikapi dengan serius.

“Humor itu serius. Dari mana seriusnya? Dari segi persiapan. Humor itu ya harus baca, humor itu harus cerdas, dan cuma orang cerdas yang bisa memahami dan melakukan tindakan yang humoris, karena saat dia bisa men-deliver materi humor, orang bisa tertawa,” tutur Yasser.

 

Untuk inklusi kesadaran pajak

Belakangan ini Direktorat Jenderal Pajak tengah gencar membangun kesadaran pajak bagi generasi muda Indonesia melalui pendidikan inklusi. Menurut Danny, DJP perlu mengaplikasikan humor sebagai sarana sosialisasi perpajakan agar pesannya lebih sampai kepada masyarakat. Ia pun mengutip pendapat dua ahli yang meneliti soal humor.

“Menurut Avner Ziv, humor dapat mengubah atau mereformasi masyarakat. Sementara Berger mengatakan, humor tidak hanya digunakan untuk menyampaikan informasi atau berbagi makna, tetapi juga dapat menciptakan sebuah hubungan saling percaya, sehingga mengurangi rasa saling curiga, kemudian timbul kesukarelaan membayar pajak, yang pada akhirnya dapat mengurangi sengketa,” kata Danny.

 

Danny menilai, salah satu cara untuk kampanye inklusi kesadaran pajak menggunakan humor patut dipertimbangkan. Sejak 2017, Ihik3 telah meneliti mengenai humor generasi milenial.  Artinya, Ihik3 bisa membantu menyukseskan program DJP dengan menyuplai data jenis humor yang tepat bagi mereka.

“Kami melihat, mereka (milenial) suka tipe yang absurd, menggunakan meme, menggunakan ilustrasi. DJP bisa menggunakan itu untuk kampanye inklusi kesadaran pajak. Karena generasi milenial jadi sasaran DJP untuk meningkatkan kesadaran membayar pajak, kalau diminta kami juga bisa kolaborasi,” tandas Danny.

Raih Muri

Keseriusan Ihik3 mengkaji humor diwujudkan melalui berbagai upaya. Di kantor, ratusan buku, majalah, dan jurnal penelitian bertema humor memenuhi rak-rak The Library of Humor Studies, perpustakaan yang didirikan Ihik3. Maret lalu, perpustakaan itu menyabet rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai Perpustakaan Kajian Humor Pertama tak hanya di Indonesia, tapi juga dunia.

Untuk menunjang misinya memasyarakatkan humor dan menghumorkan masyarakat, untuk menjadikan Indonesia yang lebih Jenaka, Ihik3 juga memperkenalkan humor ke berbagai institusi, baik institusi pendidikan, perusahaan maupun pemerintahan.

Di kampus-kampus, Ihik3 menghadirkan beberapa pengajar tamu ternama yang punya minat seni dan humor seperti Maman Suherman, Agus Noor, Mice, dan Budiman Hakim.

“Diharapkan, mahasiswa dapat menggunakan humor untuk menyampaikan pesan yang diakhiri dengan membuat kajian humor di jurnal ilmiah dan tugas akhir,” tutur Novrita yang juga berprofesi sebagai dosen.

Ihik3 juga menggagas program-program pelatihan untuk memaksimalkan aplikasi humor. Ada tiga program unggulan, yaitu Workshop Humor at Work—humor dalam pekerjaan, mengurangi stres dan menjadi bagian dari kepemimpinan; Workshop Public Speaking—humor untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum dengan memasukkan unsur humor; dan Workshop Humor Quotient untuk melatih kemampuan praktis mengembangkan dan menggunakan humor di dalam kehidupan sehari-hari.

Feature

Melukis, Rekreasi Lahir-Batin

W Hanjarwadi

Diterbitkan

pada

Penulis:

Foto: Dok. Pribadi/Istimewa

Di atas selembar kanvas, ia menuangkan imajinasi dan kreativitas. Baginya, melukis adalah sarana rekreasi batin dan badan.

 

Usai melakukan wawancara melalui aplikasi virtual dengan Majalah Pajak, Didik Sasono Setyadi mengirimkan foto sejumlah lukisan cat akrilik dan cat air yang pernah ia torehkan di atas lembaran kanvas. Meski dikirim dalam bentuk digital, detail komposisi warna dan goresan cat lukisan berciri impresionis itu masih sangat memukau mata. Tentu saja nuansanya akan jauh berbeda dengan jika bisa menikmati lukisan aslinya. Sayangnya, pandemi Covid-19 masih membuat banyak orang terpaksa menunda sua.

Lukisan yang dikirim Didik ada beberapa tema. Ada lukisan rumpun bunga, lukisan keindahan alam hingga gambaran lingkungan pengeboran minyak bumi. Lukisan yang disebut terakhir ini barangkali terinspirasi dari keseharian Didik di lingkup pekerjaan yang selama ini ia tekuni. Maklum, pria yang lahir di Nganjuk, Jawa Timur 19 Januari 1967 ini sehari-hari bekerja di Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. Didik menjabat sebagai Kepala Divisi Kelompok Kerja Formalitas SKK Migas, sekaligus merangkap sebagai Ketua Kelompok Kerja One Door Service Policy (ODSP).

Rutinitas pekerjaan yang padat tak Membuat Didik melupakan hobinya menuangkan imajinasi dan kreativitasnya melalui selembar kanvas. Meski mengaku hanya kegiatan samben, berkat hasil corat-coret yang dilakoninya sejak 2017 lalu itu Didik pernah menggelar beberapa kali pameran lukisan di beberapa kota besar di Indonesia, Seperti Malang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Bagi Didik, melukis adalah salah satu cara untuk mengisi waktu agar lebih produktif. Sebab, hidup harus terus bergerak. Dan seni memberinya keleluasaan untuk bergerak, baik secara fisik maupun batin.

Baca Juga: Memantik Asa Pembatik Muda

“Ibarat orang naik sepeda, kalau tidak bergerak, kan, malah jatuh. Seni itu bagian dari hidup dan hidup itu harus bergerak supaya kita tidak jatuh,” ungkap Didik kepada Majalah Pajak pada pertengahan September lalu.

Lukisan buatan Didik banyak diapresiasi dan dipesan orang. Meski demikian, lulusan terbaik Magister Hukum Pemerintahan Universitas Airlangga Surabaya tahun 2008 ini mengaku tak pernah belajar khusus untuk melukis. Barang kali, bakat yang ia miliki itu mengalir dari sang ayah yang juga punya hobi melukis.

“Bapak saya suka corat-coret realis—gambar wajah orang, Bung Karno, gambar tokoh, atau menggambar dirinya sendiri pakai pensil dan kertas biasa. Saya juga sejak kecil sudah melakukan hal yang sama. Namun, sampai saya kuliah, kerja, belum pernah menyentuh satu kanvas pun untuk melukis. Baru tahun 2017, saya juga enggak ngerti tiba-tiba kok tertarik,” ujarnya.

Ikon kampanye Jokowi

Selain melalui media kanvas, Didik juga mengonversi karyanya itu dalam bentuk digital kemudian menuangkan lukisannya pada media fesyen, seperti pada pakaian, tas, sepatu dan lain-lain. Ia juga ia mengaplikasikan karyanya di atas media keramik atau kaca.

“Semua itu saya memperlakukannya sebagai kreasi. Tapi salah seorang rekan saya, dosen di bidang seni sastra mengatakan, kalau saya menciptakan kreasi seni itu sebenarnya saya sedang berekreasi, bukan kreasi—karena kreasi saya sebagai profesional di dunia pekerjaan saya (di SKK Migas)—dan saya menikmati itu karena memang itu rekreasi, ” tutur pria yang kini tengah menempuh program doktoral bidang Ilmu Pemerintahan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri ini.

Peminat karya Didik, selain kolega adalah pejabat negara. Bahkan salah satu karya Didik pernah digunakan sebagai ikon kampanye para Pendukung Jokowi di Jawa Timur yang tergabung dalam Forum Alumni Jatim (FAJ) 01 saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) maju pada pemilihan presiden periode kedua pada Februari 2019 lalu.

Sekadar menyegarkan ingatan, Kala itu FAJ 01 memberikan kepada Jokowi sebuah jaket rompi berbahan denim yang bermotif lukisan Reog dan Tugu Pahlawan. Lukisan itu ternyata tak lain adalah salah satu karya Didik.

Kita belum memiliki rasa kebersamaan untuk saling membantu dan mendukung antara seni, industri, pemerintah

“Waktu itu rekan kuliah saya meminta bantuan untuk saya membuatkan sesuatu untuk Pak Jokowi yang akan berkampanye Pilpres Periode Kedua di Surabaya. Akhirnya, saya bikinkan rompi ikonik dengan Surabaya dan Jawa Timur, yaitu sebelah kiri gambar patung Suro dan Boyo, sebelah kanan gambar “Reog Ponorogo. Belakangnya bertuliskan Cak Jokowi,” kenang Didik.

Baca Juga: Lewat Seni Kepatuhan Tergali

Kawinkan seni dan teknologi

Kecintaan Didik pada dunia seni juga mengantarkannya pada sebuah gagasan untuk mengawinkan seni dan teknologi. Artinya, seni tidak hanya sebatas pajangan dalam sebingkai kanvas, tapi bisa melalui media yang digunakan sehari-hari. Entah itu pakaian, aksesori, bahkan perlengkapan rumah tangga semisal bantal. Idenya sederhana, karya seni yang dikonversi menjadi data digital dan dicetak pada media-media tersebut. Dengan cara itu, ia berharap seni bisa dinikmati lebih luas, inklusif dan lebih terjangkau.

“Lukisan itu kalau diaplikasikan menjadi motif pakaian, motif untuk jok, kursi, macam-macam banyak sekali sebenarnya. Tapi tampaknya belum ada yang mengarah ke sana untuk betul-betul secara massal. Bahkan, saya melihat di hotel-hotel itu yang ketika saya menginap di seluruh Indonesia, keliling itu, hanya hotel tertentu saja yang betul-betul memasang lukisan asli. Sementara di kamar itu reproduksi lukisan dari luar negeri. Kenapa enggak dari kita?”

Mimpi Didik itu sebenarnya bukan untuk dirinya, melainkan gagasan untuk memajukan pelaku seni di Indonesia agar karya mereka dikenal di dalam negeri, bahkan di luar negeri.

Didik berpikir, andai saja setiap pengelola properti di Indonesia, mulai dari hotel, perkantoran, dan lain-lain mau berkomitmen menggunakan karya seni hasil karya anak bangsa, maka seni Indonesia akan lebih dikenal. Dengan cara itu pula, mereka juga telah memajukan para pelaku seni di tanah air, baik secara ekonomi maupun apresiasi.

“Hotel di Indonesia itu ribuan jumlahnya. Kalau dari sekian ribu itu mempunyai komitmen untuk memasang atau memesan lukisan dari seniman Indonesia itu kan sudah suatu pasar yang besar. Di setiap kamar itu dikasih satu lukisan—ya enggak usah gede-gede, harganya enggak usah mahal-mahal. Di Indonesia ini ada beribu-ribu kamar yang bisa dipasangi lukisan. Ini, kan, sebenarnya peluang,” kata Didik.

Untuk mewujudkan gagasan itu, tahun lalu Didik mulai membangun merek yang diberi nama Artsenic-29. Artsenic-29 mencoba menuangkan hasil seni lukis ke dalam berbagai media. Upaya ini memang sedang dimulai, mengingat Didik masih mengemban tugasnya sebagai pegawai SKK Migas. Namun, suatu saat punya impian untuk bersinergi dengan pelaku seni di Indonesia agar masyarakat Indonesia lebih mengenal karya seni anak bangsa sendiri dan seni juga menjadi alat untuk menggerakkan ekonomi.

“Kalau kita lihat dari ujung Aceh sampai Papua, produk seni kita itu luar biasa macam-macam, bagus-bagus lagi. Tapi kita belum memiliki rasa kebersamaan untuk saling membantu dan mendukung antara seni, industri, pemerintah. Ini harusnya bareng-bareng mengembangkan hal yang sudah ada—kadang-kadang kita malah mengembangkan hal yang mengada-ada. Kemudian dibina, di cari pasarnya,” pungkas Didik.

Selain menekuni seni lukis, Didik juga dikenal produktif menulis buku dan artikel di bidang pemerintahan, hukum, sosial, politik, budaya dan tulisan terkait dengan sumber daya alam, khususnya Migas. Di bidang sastra, Didik juga gemar membuat puisi dan telah ia terbitkan dalam buku antologi puisi. Berikut nukilan bait puisi pada salah satu karya Didik berjudul “Purnama dan Bayu”.

Baca Juga: Kebudayaan itu Investasi, bukan Biaya

Aku tak mampu merekayasa bulan untuk hibahkan purnamanya

Pada hati yang berbalut kabut di siang dan malam

 

Aku tak mampu ajak sang Bayu berembus ikuti arah kemauanku

Apalagi untuk usir terbangkan debu-debu kering yang mengubur batinmu

 

Karena aku hanya mampu basuh telapak kakimu

Sedikit…, ya…, hanya sedikit sekali…, bersihkan tanah yang menempel di sana dan hampir masuk ke pori-pori kulitmu.

Lanjut baca

Feature

70 Persen untuk Masyarakat

W Hanjarwadi

Diterbitkan

pada

Penulis:

Foto: Dok Pribadi

Ia merangkul semua kalangan, membawa misi memberdayakan masyarakat agar lebih produktif dan memiliki kehidupan lebih sejahtera.

 

Gerakan kewirausahaan sosial atau social entrepreneurship di Indonesia belakangan ini telah memberikan dampak positif bagi pembangunan ekonomi masyarakat di berbagai sektor. Mulai dari sektor agrikultura, pendidikan, kesehatan, dan industri kreatif. Para pegiat wirausaha sosial itu mencari cara untuk membuka peluang memberdayakan masyarakat dengan cara inklusif dan menjangkau berbagai kelompok minoritas atau marginal. Misalnya orang-orang tak mampu, para penyandang disabilitas, dan lain-lain. Alih-alih berorientasi pada keuntungan pribadi, bisnis yang mereka lakukan lebih untuk mementingkan misi menyejahterakan masyarakat dengan landasan kemanusiaan atau kepedulian terhadap sesama.

Kehadiran para pelaku usaha sosial (sociopreneur) ini pun akhirnya menjadi jawaban untuk mengatasi persoalan kemiskinan di tengah masyarakat yang sejak dulu menjadi lingkaran setan.

Salah seorang yang memilih jalan hidup sebagai sociopreneur adalah July Rianthony Nata Kesuma. Sejak 26 tahun silam, tepatnya pada 1996, pria asal Palembang kelahiran 13 Juli 1972 itu memilih terjun di bidang pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). Masyarakat yang ia dampingi mulai dari petani, nelayan, pekebun, juga kaum marginal. Misalnya, dalam penciptaan lapangan kerja, pendampingan pengembangan usaha dan membantu menjembatani akses permodalan.

Kedekatan Ryan dengan masyarakat tingkat bawah dimulai ketika ia menjadi project leader pendirian tujuh SwaMitra, di wilayah Sumbagsel sekitar tahun 1997 hingga 1999. SwaMitra adalah sebuah Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang dibentuk oleh Bank Bukopin bekerja sama dengan koperasi simpan pinjam dalam usaha menyalurkan kredit usaha mikro. LKM ini bergerak di bidang usaha produktif, baik itu bidang agribisnis, perikanan atau pun retail di pasar-pasar tradisional. Melalui LKM ini, bank tak hanya mendukung sumber daya manusia, tetapi juga sistem, modal, dan monitoring serta pembinaan kepada para pelaku UMKM.

“Awalnya itu di kegiatan perbankan. Saya ditempatkan di (usaha) mikro. Di situ saya banyak bertemu dengan masyarakat, khususnya masyarakat kalangan bawah. Mulai petani, nelayan, pedagang, pekebun dan lainnya masyarakat yang usahanya di sektor mikro,” tutur pria yang akrab disapa Ryan itu saat wawancara dengan Majalah Pajak akhir Agustus lalu.

Baca Juga: Merajut Komunikasi, Mendorong Sinergi

Dari interaksi itu, Ryan pun akhirnya memahami permasalahan yang dialami masyarakat kalangan bawah. Ia pun semakin tergerak untuk membantu agar mereka tak hanya sekadar bisa hidup, tetapi juga bisa lebih produktif, memiliki usaha yang berjalan dengan baik, bisa membiayai pendidikan anak-anak mereka dengan layak, dan memiliki pendapatan lebih.

“Bagaimana cara mereka memiliki pendapatan lebih? Paling tidak kan mereka butuh dana untuk memulai usaha atau menambah kapasitas usahanya. Di sinilah peran pemerintah, perbankan, masyarakat yang mampu untuk membantu agar teman-teman kita yang kurang beruntung, miskin, mikro, kecil, bisa tumbuh berkembang,” tutur pria yang saat ini menjadi Ketua Forum CSR Kesos Sumsel itu.

Berkesinambungan

Ryan mengatakan, sebagai orang yang memilih menjadi sociopreneuer, setiap kegiatan wirausaha yang dilakukan, keuntungannya semata-mata untuk masyarakat. Selain itu, kegiatan yang dilakukan pun harus memiliki dampak positif yang besar bagi pertumbuhan masyarakat serta memiliki kesinambungan.

“Jadi, paling tidak kalau itu usaha, mungkin 30 persen keuntungan bagi kita, 70 persen diberikan untuk masyarakat, dan mempunyai sustainability yang baik sehingga masyarakat ini bisa tumbuh berkembang, dari usaha satu jadi usaha kedua. Dari satu orang, bisa lima orang dan terus berkembang. Itu yang saat ini kami lakukan, ide-ide untuk mengembangkan itu tidak pernah putus karena permasalahan di masyarakat sangat banyak,” kata pria yang dinobatkan sebagai Tokoh Peduli Kesejahteraan Sosial Sumsel pada ajang Padmamitra Award 2018 oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan itu.

Tak hanya di daerah tanah kelahirannya, Ryan bahkan sudah keliling di hampir seluruh daerah di Indonesia. Kegiatannya pun tak jauh dari upaya pemberdayaan masyarakat, pembangunan pedesaan dan penguatan BUMDes, bidang pendidikan dan pelatihan, pemagangan dan ketenagakerjaan, dan penguatan kelembagaan UMKM. Misalnya pemberdayaan masyarakat pesisir melalui program Kementerian PDT, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kementerian Perindustrian RI, Pemprov Sulawesi Tengah, Kabupaten Karimun Kepulauan Riau sejak tahun 2009 hingga 2012 lalu. Hingga saat ini ia juga masih aktif menjadi pendamping dan konsultan pengembangan rumput laut di Maluku Utara, Babel, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Maluku, dan Kepulauan Riau.

Saya ingin menjadi sosok problem solving. Apa yang bisa saya bantu, ya, saya selesaikan. Itu sudah menjadi passion saya.

Berdayakan kaum marginal

Kegiatan yang saat ini sedang dilakukan Ryan adalah memberdayakan orang-orang panti yang dikelola pemerintah. Mulai dari panti rehabilitasi narkoba, panti anak-anak telantar, bahkan panti jompo hingga panti bagi mereka yang mengidap gangguan jiwa. Ryan menyadari bahwa anggaran yang dikeluarkan Pemerintah Sumsel untuk perawatan dan operasional panti sangat besar. Di sisi lain, ia melihat banyak lahan-lahan kosong yang dimiliki pemerintah. Bekerja sama dengan Dinas Sosial setempat, dan melalui CSR perusahaan, Ryan pun menyulap lahan tidur itu menjadi lahan produktif untuk membiayai panti-panti tersebut.

Baca Juga: Siasati Pandemi, Qasir dan Grab Sediakan Layanan bagi Usahawan Mikro

Lahan-lahan itu kini ada yang ditanami sayuran, seperti sawi, cabai dan lain-lain. Dibuat kolam untuk beternak ikan mujair, lele, nila, patin, dan lain, dan sebagian dijadikan kolam pemancingan. Selain bahan sayuran, lahan-lahan itu ditanami buah semangka, dan tanaman rempah seperti jahe. Hasil panen jahe kemudian dibuat menjadi produk turunan berupa minuman saset, baru dipasarkan. Begitu juga tanaman cabai, dijual dalam bentuk serbuk cabai.

“Panti-panti itu kami kembangkan dengan kearifan tempat masing-masing. Contoh panti jompo, kita latih ibu-ibunya menyulam, bapak-bapaknya ternak jangkrik, yang bisa menghasilkan—hiburan dan menghasilkan bagi mereka,” tutur pendiri Perguruan Tinggi ABDI NUSA dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Masyarakat (STIKM) Nusantara Palembang ini.

Selain itu, saat ini Ryan juga tengah melakukan pendampingan terhadap program pemerintah Bantuan Sosial Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi 5000 keluarga penerima manfaat (KPM). Program Kementerian Sosial ini menurut Ryan sangat bagus. Namun, jika tidak dilakukan pendampingan, pengawasan dan pembinaan dari hulu ke hilir maka tidak akan jalan.

“Contoh, ada 10 sampai 20 KK yang mendapatkan UEP. Tapi kalau dari UEP itu semua disuruh berdagang (buka) warung itu, kan, enggak manfaat. Tapi, kalau misalnya, mereka membuat makanan atau empek empek sesuai standar, tugas mereka adalah membuat itu saja. Kemudian urusan packaging, pasar, off-taker, itu kami bantu. Jadi, antara usaha yang ultramikro, mikro, kecil, itu saling tarik menarik dan mendukung.”

Ryan saat ini juga tengah menggarap program Tagana Berdaya. Menurut Ryan, petugas Tagana (Taruna Siaga Bencana), rata-rata tidak memiliki pekerjaan lainnya. Untuk itu, ia mencoba menggarap konsep pertanian memanfaatkan lahan milik Pemprov Sumsel untuk dijadikan lokasi pertanian sawah dan peternakan sapi. Ia juga membuat program Duafa Berdaya yang meliputi berdaya ilmu, berdaya raga, berdaya ekonomi, berdaya rohani. Berdaya ilmu dilakukan dengan memberikan bantuan dan kesempatan duafa, yatim piatu, fakir miskin, telantar, anak jalanan, dan lain-lain untuk mendapatkan akses ilmu, pendidikan, pelatihan. Berdaya raga diwujudkan dengan memberikan kesempatan dan bantuan kepada PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) akan kesehatan, perawatan, pengobatan. Adapaun berdaya ekonomi adalah sebuah upaya memberikan kesempatan dan bantuan kepada PMKS untuk mendapatkan lapangan pekerjaan, pemberdayaan, wirausaha dan penghasilan. Sementara melalui program berdaya rohani , Ryan berusaha menciptakan kesempatan PMKS untuk mendapatkan pendidikan keagamaan dan rohani  untuk penguatan lahir dan batin.

Sumber pembiayaan berbagai program itu rencananya dari KUR, atau bantuan dari CSR perusahaan. Ryan yakin, perusahaan pun akan mau mendukung program pemberdayaan itu.

“Perusahaan itu—apalagi urusan CSR itu sifatnya produktif, sustainable pasti akan mau membantu. Itu yang beberapa bisa kami lakukan,” yakin Ryan.

Bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah, Ryan pun berinisiatif memperjuangkan masyarakat agar mendapatkan hunian melalui Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). Program ini adalah kredit kepemilikan rumah bersubsidi, kerja sama antara Bank BTN dengan Kementerian PUPR yang diberikan bersama dengan subsidi uang muka kepada masyarakat yang telah mempunyai tabungan untuk pembelian rumah tapak dan pembangunan rumah swadaya.

“Kami fasilitasi mulai dari kuota, bantuan perizinan, lahan, sampai ke perbankan kami jembatani,” ungkap Ryan.

Namun, tidak semua upaya membantu itu ditanggapi positif oleh masyarakat. Tak sedikit pula yang berprasangka bahwa bantuan BP2BT yang dilakukan Ryan itu bukan bentuk ketulusan, melainkan usaha untuk menipu bahkan dianggap hanya hoaks. Namun, hal itu tak menyurutkan niat Ryan untuk membatu masyarakat sekitar.

Baca Juga: Strategi Pulihkan Ekonomi Pascapandemi

“Itu sudah bagian tantangan dalam kehidupan saya. Saya ingin menjadi sosok yang problem solving. Jadi, apa yang bisa saya bantu ya kita selesaikan. Itu sudah menjadi passion dalam hidup saya,” kata Ryan.

Ia berharap, pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat akan berkoordinasi untuk mengatasi problem sosial di Indonesia.

Lanjut baca

Feature

Petani, Pemegang Kunci Kedaulatan Pangan

W Hanjarwadi

Diterbitkan

pada

Penulis:

Foto: Rivan Fazry

Mengatasi persoalan pangan harus dimulai dengan meningkatkan kesejahteraan kehidupan petani.

 

“Dulu tanah di sini adalah lahan-lahan petani. Namun, banyak dijual kepada orang luar daerah yang bukan petani—untuk mencukupi kebutuhan hidup. Jadi, sebagian kami beli lagi untuk mencegah lahan dikonversi. Kami pertahankan sebagai lahan pertanian,” tutur Profesor Andreas saat Majalah Pajak berkunjung ke kantor Indonesian Center for Biodiversity and Biotechnology (ICBB) Bogor akhir Juli lalu.

Pagi itu, usai berbincang tentang isu kedaulatan pangan di Indonesia, Guru Besar Institut Pertanian Bogor bernama lengkap Dwi Andreas Santosa itu mengajak kami menyambangi petak-petak sawah yang berada di belakang kompleks kantor ICBB. Udara segar di areal persawahan Situgede, Bogor Barat kali itu melegakan rongga saluran pernapasan kami yang tertutup masker. Mata kami tertuju pada rumpun tanaman padi yang tumbuh subur bak hamparan permadani hijau. Sisa-sisa bulir embun di pucuk-pucuk daun padi tampak berkilauan memantulkan cahaya matahari pukul sembilan pagi.

“Satu bulan lagi panen,” tutur pria yang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI) itu. “Varietas Mentik Wangi dari jaringan tani AB2TI Karanganyar (Jawa Tengah). Benih ini dalam proses seleksi di sekretariat nasional AB2TI Bogor,” lanjutnya.

Lahan itu membentang seluas 1,3 hektare dan dibelah oleh aliran sungai kecil. Di lahan itu, pria kelahiran Blora 27 September 1962 itu membangun ICBB Foundation, sebuah lembaga riset nirlaba yang melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan biodiversitas dan bioteknologi untuk memajukan pertanian di Indonesia.

Baca Juga: Petani Muda Agen Pembangunan

Ada empat fasilitas utama yang dimiliki oleh ICBB. Pertama, Enviromental Biotechnology Laboratory (EBL)-ICBB, yakni laboratorium riset dan pengujian terintegrasi yang hingga saat ini menjadi rujukan Kementerian Pertanian RI dan telah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai laboratorium penguji sejak tahun 2014 silam. Laboratorium ini menangani analisis mikrobiologi, kimia-biokimia, dan molekuler untuk sampel tanah, air, pupuk, dan mikroba. Fasilitas kedua adalah ICBB Culture Collection for Microorganisms and Cell Cultures (ICBB-CC), yakni fasilitas koleksi kultur dan isolat mikroorganisme, seperti bakteri, fungi, mikroalga, dan plasmid.

Fasilitas ketiga adalah ICBB Nursery. Unit yang menangani produksi dan penyediaan bibit unggul tanaman Jati Solomon ICBB1 hasil teknologi kultur jaringan. Pohon jati ini memiliki keunggulan kualitas kayu sangat baik—Grade A+, dibandingkan dengan kayu jati pada umumnya.

Selain ketiga fasilitas tersebut, ICBB juga melakukan riset dan pengembangan berkelanjutan serta produksi seri pupuk hayati PROVIBIO®, pupuk hayati yang oleh Kementerian Pertanian RI pernah dinobatkan sebagai pupuk terbaik.

Dengan fasilitas lengkap itu, banyak lembaga pemerintah atau swasta yang memanfaatkan produk ICBB atau menggunakan jasa untuk melakukan berbagai kajian atau analisis untuk kebutuhan mereka. ICBB juga merupakan surga bagi para mahasiswa untuk melakukan riset atau penelitian, terutama mahasiswa yang berkecimpung dalam bidang ilmu pengetahuan alam, khususnya pengembangan teknologi pertanian.

Independen

Peraih gelar doktor dari Life Sciences Braunschweig University of Technology, Jerman ini membebaskan lembaga nirlaba yang ia nakhodai itu dari berbagai macam model penggalangan dana atau masuknya donatur.

“Kami tidak mau nantinya malah disetir, ‘kamu harus begini, harus begitu’. Itu yang kami tidak mau. Saya tekankan ke pegawai-pegawai di sini juga bahwa kita harus mampu mandiri. Dan ternyata bisa,” ucap Andreas.

Baca Juga: Membebaskan UMKM dan Petani dari Impitan Ekonomi

Untuk menjadi mandiri, laboratorium bioteknologi lingkungan ICBB pun menjual produk-produk penunjang pertanian dan membuka beberapa jasa pelayanan komersial. Misalnya, jasa pelatihan untuk bioremediasi, pengomposan, identifikasi DNA; isolasi dan pemurnian benih; analisis kimia dan fisika untuk sampel pupuk, tanah dan air; analisis mikrobiologi; dan analisis lingkungan, seperti Total Petroleum Hydrocarbon, kualitas air, dan logam-logam berat.

Prihatin nasib petani

Sebagai ilmuwan di bidang pertanian, Andreas sejak dulu sangat dekat dengan para petani. Ia selalu prihatin dengan ketidakberpihakan para kapitalis terhadap nasib petani. Padahal, petani adalah pilar penting penentu kedaulatan pangan di Indonesia. Untuk itu, sesuai dengan bidang keilmuan yang ia miliki, bersama rekan-rekan sejawat, Andreas pun berusaha memecahkan masalah pokok yang dihadapi para petani Indonesia. Misalnya, soal benih, pupuk, pestisida.

“Harga pembelian pemerintah (HPP) sering digunakan oleh tengkulak untuk mematok harga di tingkat petani.

Pada 2011 lalu, misalnya, Andreas berembuk di Bali dengan para petani dan rekan ilmuwan untuk mendirikan Indonesian Farmer Seed Bank, bank benih yang didedikasikan untuk petani. Ia juga mengembangkan benih hortikultura bersama kalangan ilmuwan untuk disebarkan ke petani. Sementara untuk mengatasi masalah pupuk dan pestisida, Andreas mengembangkan pupuk hayati berbahan mikroorganisme dan menciptakan biopestisida hayati dan biofungisida berlabel PROVIBIO.

Untuk menyebarluaskan produk-produk itu, alumnus Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian UGM, Yogyakarta, ini bersama sejawatnya hanya memproduksi master kulturnya, lalu diserahkan kepada kelompok tani. Merekalah yang memproduksi massal, menjualnya, dan uangnya bisa digunakan untuk pengembangan organisasi. Dari distribusi itu, Andreas hanya menyisihkan persentase sangat kecil untuk pengembangan riset.

Andreas juga selalu ringan untuk turun tangan ketika para petani berhadapan masalah hukum dengan para kapitalis. Misalnya ketika 14 petani pemulia tanaman jagung di Kediri harus berurusan dengan pengadilan dan masuk penjara dikarenakan dianggap melanggar UU No 12 Th 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman. Para petani itu didakwa menyimpan, mengedarkan dan memperjualbelikan benih tanpa izin dan label. Pada saat itu, Undang-Undang Sistem Budidaya Tanaman, tidak mengizinkan petani untuk memuliakan benih-benih tanaman pangan. Pemerintah seolah hanya menempatkan petani sekadar sebagai produsen sekaligus konsumen pangan. Tugasnya hanya menanam, merawat, memanen dan hasilnya untuk makan dan dijual—dengan harga tak seberapa—untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka.

Baca Juga: Mental dulu, Baru Modal

“Saya datang ke sana, ngobrol. Mereka minta tolong supaya tidak dikejar-kejar lagi oleh polisi agar seluruh benih diserahkan,” tutur Andreas.

Berangkat dari peristiwa itu, tahun 2011, Andreas pun membantu memperjuangkan peninjauan kembali (judicial review) UU Nomor 12 Tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman sebagai saksi ahli. Andreas menilai, peraturan ini memiliki celah yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pihak tertentu.

“Benih adalah kehidupan. Benih ini menentukan 60 persen keberhasilan atau kegagalan usaha tani. Artinya, bila menguasai benih maka menguasai kehidupan, sehingga banyak pihak di seluruh dunia—pemodal, maupun yang lainnya—berusaha menguasai benih,” tukas Andreas.

Upaya peninjauan kembali pun dikabulkan oleh MK sebagian. UU itu akhirnya menetapkan penyebaran benih memang harus mendapatkan izin dari pemerintah, tapi untuk petani kecil dikecualikan. Sayangnya, tahun lalu terjadi hal serupa. Tengku Munirwan, seorang keuchik (pemimpin desa) sekaligus pemimpin BUMDes Meunasah Rayeuk Kecamatan Nisam, Aceh Utara nyaris meringkuk di tahanan Polda Aceh setelah ditetapkan sebagai tersangka karena mengembangkan benih padi IF8 yang belum dilepas varietasnya dan belum disertifikasi (berlabel). Untungnya, Munirwan batal masuk penjara karena kala itu ada demonstrasi besar-besaran. Kasus itu menjadi isu nasional karena benih padi yang berasal dari pemulia benih anggota AB2TI Karanganyar itu jika dikembangkan mempunyai potensi hasil yang tinggi, mencapai 13 ton GKP per hektare. Dengan inovasi itu, Desa Meunasah Rayeuk bahkan sempat terpilih menjadi juara II Nasional Inovasi Desa yang penghargaannya diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.

Serangkaian peristiwa itu membuat Andreas sangat prihatin dengan nasib para petani. Padahal, kunci kedaulatan pangan ada pada kesejahteraan petani. Ia berharap pemerintah benar-benar menunjukkan keberpihakan yang serius terhadap petani, seperti memerhatikan harga pembelian pemerintah (HPP) gabah maupun beras, dan pemberian bantuan yang tepat sasaran.

“HPP ini penting sering kali digunakan oleh tengkulak untuk mematok harga di tingkat petani.”

Selain dengan aksi nyata, keprihatinan Andreas juga diwujudkan dengan penampilannya sehari-hari. Hampir di setiap kesempatan, lelaki berkacamata ini selalu mengenakan pakaian hitam. “Saya hampir di setiap kesempatan selalu pakai pakaian hitam. Karena ada pemberontakan dalam diri saya—kenapa petani kecil ini semakin lama semakin terpuruk.”

Baca Juga: Membebaskan UMKM dan Petani dari Impitan Ekonomi

 

Lanjut baca

Breaking News

Breaking News10 jam lalu

1 Syarat, 5 Strategi Mencapai Pemulihan Ekonomi

Jakarta – Majalahpajak.net – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis, pemulihan ekonomi nasional pada tahun 2021 dapat terwujud dengan...

Breaking News1 hari lalu

4 UKM Berorientasi Ekspor Dapat Kucuran PEN Rp 9,5 Miliar dari LPEI

Surabaya, Majalahpajak.net – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) memberikan pembiayaan modal kerja melalui skema Penugasan Khusus Ekspor (PKE) senilai Rp...

Breaking News2 hari lalu

Satgas Penanganan Covid-19 Siapkan 500 Relawan Papua Sebagai Agen Perubahan

Jayapura, Majalahpajak.net – Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menggelar program pelatihan untuk 500 Relawan Provinsi Papua. Pelatihan ini...

Breaking News3 hari lalu

Mampu Bertahan Hadapi Pandemi, Pegadaian Sabet 3 Penghargaan BUMN Award

Jakarta, Majalahpajak.net – PT Pegadaian (Persero) memperoleh tiga penghargaan bergengsi sekaligus dalam acara Bisnis Indonesia Top BUMN Award 2020. Perusahaan...

Breaking News4 hari lalu

Insentif Pajak Selamatkan Wajib Pajak dari Dampak Pandemi

Jakarta, Majalahpajak.net – Tujuh puluh persen dari 12.800 Wajib Pajak (WP) menilai insentif perpajakan mampu menyelamatkan usaha dari dampak pandemi...

Breaking News4 hari lalu

BUMN ini Buka Lowongan Kerja Bagi Lulusan Diploma

JAKARTA, Majapahpajak.net – Kabar gembira bagi para sarjana muda yang tengah mencari kerja. PT Rajawali Nusindo membuka berbagai lowongan kerja...

Breaking News5 hari lalu

Ini 5 Tren Pekerjaan Usai pandemi, Tenaga Kerja Harus Menyesuaikan Diri

Jakarta, Majalahpajak.net – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada Agustus lalu setidaknya terdapat 29,12 juta pekerja terimbas pandemi Covid-229. Sebanyak...

Breaking News1 minggu lalu

Mandat diperluas, SMF Sokong Pemulihan Ekonomi Nasional Lebih Optimal

Jakarta, Majalahpajak.net – PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF terus memperkuat perannya dalam mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)...

Breaking News1 minggu lalu

Memontum Membangun Teknologi Informasi untuk Indonesia Maju

Jakarta, Majalahpajak.net – Di tengah upaya menghadapi dampak Covid-19, Pemerintah melalui APBN 2021 serius mendukung perkembangan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi...

Breaking News2 minggu lalu

Saatnya UMKM “Move On” dari Pandemi

Pemerintah berupaya melakukan percepatan pemulihan ekonomi dengan memberikan insentif di beberapa sektor usaha termasuk bagi pelaku Usaha mikro, kecil, dan...

Populer

Copyright © 2013 Majalah Pajak | All Right Reserved