Terhubung dengan kami

On Views

OJK Larang Pemasaran Bitcoin

Ruruh Handayani

Diterbitkan

pada

 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia melihat pesatnya perkembangan layanan keuangan berbasis digital (financial technology/fintech) akan mengubah peta industri jasa keuangan ke depan. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso memaparkan, saat ini terdapat 30 perusahaan peer to peer lending yang terdaftar di OJK dan 36 perusahaan lain dalam proses pendaftaran. Total pembiayaan bisnis ini telah mencapai Rp 2,6 triliun dengan 259.635 peminjam.

Untuk mendukung inovasi produk teknologi di sektor jasa keuangan tersebut, tahun ini OJK akan menginisiasi beberapa program seperti meningkatkan regulasi industri FinTech Lending yang efektif, sosialisasi Pendanaan Gotong Royong On-Line kepada masyarakat di berbagai daerah, dan menerbitkan roadmap pengembangan inovasi digital untuk digunakan sebagai panduan pengembangan dan pengaturan fintech.

“Diharapkan lembaga jasa keuangan ke depan dapat meningkatkan sinergi dengan membuka peluang bagi perusahaan fintech ataupun mendirikan lini usaha fintech,” terang Wimboh di acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (18/1).

Di lain pihak, meskipun produk cryptocurrency seperti bitcoin termasuk inovasi digital, Wimboh dengan tegas melarang lembaga jasa keuangan untuk menggunakan dan memasarkan mata uang virtual yang dikembangkan pada 2009 itu.

“OJK melarang lembaga jasa keuangan untuk menggunakan dan memasarkan produk yang tidak memiliki legalitas izin dari otoritas terkait,” ujarnya.

Acara bertema “Memacu Pertumbuhan” ini dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, sejumlah menteri kabinet kerja, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio, dan para direksi industri keuangan.

Editor Majalah Pajak Freelance writer, Part-time Traveller, Full-time learner

On Views

Sri Mulyani: Pajak Tulang Punggung Negara

Majalah Pajak

Diterbitkan

pada

Penulis:

Momentum Hari Pajak 14 Juli bukan dimaknai sekadar  perayaan  semata, melainkan juga sebagai  pengingat tentang  pentingnya pajak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengemukakan,  pajak adalah satu hembusan napas dengan lahirnya bangsa Indonesia. Pajak juga merupakan tulang punggung negara yang harus kokoh.

“Tulang punggung negara ini tidak boleh rapuh, bengkok. Harus kuat agar dapat dihormati negara lain,” seru menteri terbaik dunia ini di Gedung Utama Ditjen Pajak Pusat, Jakarta, Rabu (11/7).

Di kesempatan yang sama, Guru Besar Ilmu Kebijakan Perpajakan Universitas Indonesia, Haula Rosdiana memberikan  kuliah umum perpajakan. Ia menekankan pentingnya  pajak  ibarat darah yang tiap tetesnya amat berarti  bagi   kesehatan negara.  Dalam demokrasi kebijakan publik, imbuhnya, hubungan paling intim negara dengan rakyatnya adalah pajak.

Dalam rangkaian peringatan Hari Pajak,  Subdirektorat Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Ditjen Pajak  menggelar diskusi buku ‘Taxing Women’ yang ditulis oleh Yustinus Prastowo.

Buku tersebut memaparkan ketertinggalan Indonesia dalam  mengoptimalkan peran pajak sebagai  insturumen kebijakan publik.  Prastowo menjelaskan tentang perlunya memaksimalkan tax expenditure berupa pengurangan, pengecualian pajak, dan pemberian tunjangan – tunjangan yang menjamin peningkatan kesejahteraan perempuan.  Misalnya, rekomendasi kebijakan pembebasan pajak untuk pembalut, susu anak, dan kosmetik.

“Melalui buku ini saya juga mengajak kaum perempuan untuk kritis menyampaikan rekomendasi kebijakan pajak secara argumentatif,” kata Prastowo.

Subdit P2Humas Ditjen Pajak juga turut memberikan bantuan kepada beberapa panti asuhan.

“Semoga  pajak semakin diingat masyarakat. Hari Pajak 14 Juli sebagai perayaan berbagi dan semangat membangun negara,” harap Sekertaris Direktorat Jenderal Pajak, Arfan.

Rangkaian Hari Pajak  ditutup oleh upacara bendera sekaligus peluncuran buku ‘Jejak Pajak’ oleh Menteri Keuangan, Dirjen Pajak, beserta jajarannya, di lapangan Kantor Pusat Ditjen Pajak. – Aprilia Hariani

Lanjutkan Membaca

On Views

Indonesia-Malaysia Pererat Kerja Sama Perpajakan

Aprilia Hariani K

Diterbitkan

pada

Otoritas Pajak Negeri Jiran, Inland Revenue Board of Malaysia (IRBM) melakukan kunjungan bilateral ke Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sekaligus study visit ke Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Sumatera Utara I dan Kanwil Daerah Istimewa Yogyakarta dari 27 Februari hingga 6 Maret lalu.

Kepada Majalah Pajak, Direktur Perpajakan Internasional DJP John Hutagaol menjelaskan ini merupakan kunjungan silaturrahmi untuk berdialog seputar kolaborasi otoritas pajak kedua negara. Kolaborasi ini terkait berbagai aspek yang meliputi pengembangan kapasitas sumber daya manusia, saling tukar informasi terkait Automatic Exchange of Information, kebijakan insentif pajak, pajak atas e-dagang, dan Multilateral Tax Instrument (MLI).

“Pertemuan bilateral Indonesia dan Malaysia sangatlah penting untuk membangun kesepahaman dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul di era keterbukaan informasi untuk tujuan pajak,” tutur John melalui pesan singkat, Sabtu (17/3).

Di tahun 2018 ini, Indonesia dan Malaysia akan melaksanakan Automatic Exchange of Information (AEOI) bersama 47 Yurisdiksi lainnya. Adapun pertemuan bilateral antara Ditjen Pajak dan IRBM sudah rutin dilakukan sejak 2014.

Dengan hubungan bilateral yang baik, imbuhnya, otoritas pajak kedua negara sepakat melakukan pertemuan tingkat tinggi dalam waktu dekat ini.

Lanjutkan Membaca

On Views

P5 Bantu Sosialisasi Aturan Pajak

Heru Yulianto

Diterbitkan

pada

Penulis:

 

Persatuan Para Pensiunan Pegawai Pajak (P5) merayakan ulang tahun ke-33 pada Rabu (7/2) lalu. Acara yang dihadiri sekitar seratus peserta ini merupakan penggabungan dari acara reboan yang rutin dilakukan dengan peringatan ulang tahun organisasi P5.

Ketua Penyelenggara Perayaan Ulang Tahun P5, Kiki Hartanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan mempererat tali silaturahmi dan saling berbagi pengetahuan tentang informasi perpajakan terbaru di masyarakat. Selain itu, kebersamaan di dalam organisasi bisa semakin solid dan terjaga kerukunannya.

Perayaan ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dipimpin langsung oleh Ketua P5, Suminarto Basuki. Ia mengungkapkan harapannya kepada para pegawai yang sudah mengakhiri masa dinas untuk bisa ikut bergabung.

“Organisasi kita ini organisasi yang proaktif. Kita bisa membuat kegiatan yang lebih bermanfaat lagi di masa mendatang,” ujar Suminarto.

Pihaknya juga berharap bisa membantu Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai institusi induk di dalam mencapai misi Ditjen Pajak terkait penyebaran informasi dan sosialisasi kepada masyarakat. “Tantangan mendatang kita adalah dapat berjalan bersama dan membantu DJP. Paling tidak dalam sosialisasi peraturan perpajakan karena selama ini kegiatan kita juga sangat terbantu oleh DJP,” tambahnya.

Lanjutkan Membaca

Breaking News

Breaking News2 minggu lalu

Andai Lapor Pajak Bisa Lebih Sederhana

 Meski pemerintah telah berupaya keras melakukan simplifikasi aturan dan tata cara memenuhi kewajiban perpajakan bagi Wajib Pajak, ternyata sistem perpajakan...

Breaking News4 minggu lalu

‘Sajak’ untuk Generasi Millennial

Penulis: Nilasari   Bonus demografi yang dipenuhi oleh generasi millennial harus dioptimalkan untuk mendukung budaya sadar pajak yang diharapkan dapat...

Breaking News2 bulan lalu

Mengisi Ruang Penyempurnaan

DJP terus mengembangkan program-program untuk memaksimalkan kinerja dan kualitas pelayanan, mulai dari simplifikasi aturan, penurunan tarif pajak hingga penguatan teknologi...

Breaking News3 bulan lalu

Forum Ekonomi Dunia Nobatkan OnlinePajak Sebagai Pionir Teknologi 2018

OnlinePajak, aplikasi perpajakan pertama di Indonesia yang mengadaptasi teknologi blockchain, semakin menancapkan eksistensinya di dunia fintek setelah dinobatkan sebagai Pionir...

Breaking News7 bulan lalu

Panglima TNI: Patuh Pajak Wujud Cinta Tanah Air

Panglima Tentara Nasional Indonesia, Marsekal Hadi Tjahjanto, menegaskan, kepatuhan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan merupakan wujud cinta tanah air bagi...

Breaking News8 bulan lalu

Capital Life Syariah dan AAD Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah

PT Capital Life Syariah dan PT Asuransi Adira Dinamika (AAD) menandatangani Perjanjian Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah, di Kantor Pusat...

Breaking News9 bulan lalu

Majalah Pajak Print Review

Breaking News11 bulan lalu

Topik Pajak sudah di Rumah-Rumah Kopi

  Melalui sosialisasi yang intens dan pemahaman kultur masyarakat setempat, kesadaran pajak muncul. Kondisi geografis Provinsi Maluku terdiri atas kepulauan,...

Breaking News11 bulan lalu

Amankan Penerimaan Pajak di Papua dan Maluku

Waktu yang tersisa untuk mencapai target penerimaan pajak 2017 tinggal beberapa bulan. Menyadari itu, Kanwil DJP Papua dan Maluku mengundang...

Breaking News12 bulan lalu

Memupuk Talenta Warga Sekitar

Penulis : Novita Hifni Holcim melakukan kegiatan pemberdayaan yang bersinergi dengan bisnis perusahaan untuk kemajuan bersama. Pengembangan masyarakat (community development)...

Advertisement Pajak-New01

Trending