Connect with us

On Views

“Mindset” Baru di Era Digital

Heru Yulianto

Published

on

Era digital yang terus berkembang dinamis menantang setiap orang untuk berubah. Untuk menghadapi perubahan yang begitu cepat, dibutuhkan kebiasaan positif secara konsisten. Hal ini dituangkan motivator, Eileen Rachman dalam buku terbarunya yang berjudul “7 Edge Keys to Success”.

“Perlu mindset baru untuk menghadapi dinamika di era digital,” ungkap Eileen di acara peluncuran buku terbarunya di Jakarta (20/12).

Lewat buku tersebut ia membeberkan tentang pentingnya menjadi “a lifelong learner”, karena batasan umur tidak menjadi ukuran seseorang untuk belajar dan berinovasi lagi.

Di kesempatan yang sama, CEO Bukalapak Akhmad Zaky menekankan tentang pentingnya untuk terus belajar tentang segala macam bisnis termasuk bisnis digital.

“Kita tidak boleh statis karena knowledge selalu berubah khususnya untuk para start up yang baru. Jadi, harus selalu mencoba hal baru dalam menciptakan sesuatu,” terangnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Business

OnlinePajak Raih Pendanaan Seri B Lebih Dari 25 Juta Dollar AS

Majalah Pajak

Published

on

CEO & Founder OnlinePajak Charles Guinot

Jakarta, Majalah Pajak.net– OnlinePajak meraih pendanaan kategori Seri B senilai lebih dari 25 juta dollar AS. Investasi itu awalnya dipimpin perusahaan ekuitas terkemuka Warburg Pincus, kemudian diikuti Global Innovation Fund, dan Endeavor Catalyst. Investor OnlinePajak sebelumnya, Alpha JWC Ventures, Sequoia India, dan Primedge juga berpartisipasi dalam pendanaan kali ini.

OnlinePajak adalah aplikasi pajak berbasis web terintegrasi yang memungkinkan Wajib Pajak untuk melakukan perhitungan, pembayaran, dan pelaporan pajak dalam satu platform tunggal sehingga setiap pembayar pajak, baik Wajib Pajak Orang Pribadi atau Badan, dapat memenuhi kewajiban pajak mereka dengan mudah. Sebagai bagian dari komunitas bisnis di Indonesia, OnlinePajak tetap berkomitmen untuk memiliki dampak positif jangka panjang, termasuk dengan menggerakkan ekosistem digital di Indonesia.

“Pendanaan Seri B oleh perusahaan Private Equity/Venture Capital terkemuka adalah validasi model bisnis kami. Dengan investasi baru itu, kami akan melakukan revolusi dalam hal menciptakan kepatuhan perpajakan melalui teknologi kecerdasan buatan dan teknologi blockchain. Kami berencana segera mempercepat perluasan kemampuan kami untuk terus menguntungkan para pembayar pajak serta pemerintah Indonesia. Kami akan mengubah kemudahan melakukan bisnis di negara ini dengan memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas mereka secara keseluruhan, sementara mendukung Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam mengumpulkan pendapatan yang sangat dibutuhkan untuk negara, ”kkata Charles Guinot, pendiri dan CEO OnlinePajak melalui keterangan tertulis, Kamis, (25/10/18).

OnlinePajak telah membangun model bisnis freemium solid terintegrasi yang sangat mendalam, di mana pengguna dapat mengelola pajak mereka secara gratis dengan fitur premium tambahan seperti Faktur dan Penggajian. Perusahaan ini juga sangat bangga untuk menghitung investor pertama yang terkena dampak seperti Global Innovation Fund, Primedge dan Endeavour Catalyst sebagai pemegang saham yang selaras dengan misi sosial inti perusahaan dan visi jangka panjang.

“OnlinePajak telah membangun platform teknologi terdepan untuk memberikan kemudahan kepada para pembayar pajak Indonesia solusi end-to-end yang cepat dan ramah pengguna untuk mempersiapkan, membayar, dan mengajukan pajak mereka. Kami sangat terkesan dengan viralitas bisnis dan kami percaya bahwa perusahaan memiliki potensi pertumbuhan yang luar biasa – tidak hanya dalam membantu bisnis di seluruh Indonesia untuk beroperasi jauh lebih efisien tetapi juga peranan penting dalam mewujudkan visi pemerintah Indonesia untuk memperluas basis pajak negara, “kata Jeffrey Perlman, Head of Southeast Asia Warburg Pincus.

Warburg Pincus adalah perusahaan ekuitas swasta global terkemuka yang berfokus pada investasi pertumbuhan. Didirikan pada tahun 1966, Warburg Pincus telah menginvestasikan lebih dari 68 miliar dollar AS di lebih dari 825 perusahaan secara global dan berkomitmen lebih dari 1,5 miliar dollar AS di Asia Tenggara, termasuk di startup unicorn pertama di Indonesia, Go-Jek.

Continue Reading

On Views

Sri Mulyani: Pajak Tulang Punggung Negara

Majalah Pajak

Published

on

Momentum Hari Pajak 14 Juli bukan dimaknai sekadar  perayaan  semata, melainkan juga sebagai  pengingat tentang  pentingnya pajak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengemukakan,  pajak adalah satu hembusan napas dengan lahirnya bangsa Indonesia. Pajak juga merupakan tulang punggung negara yang harus kokoh.

“Tulang punggung negara ini tidak boleh rapuh, bengkok. Harus kuat agar dapat dihormati negara lain,” seru menteri terbaik dunia ini di Gedung Utama Ditjen Pajak Pusat, Jakarta, Rabu (11/7).

Di kesempatan yang sama, Guru Besar Ilmu Kebijakan Perpajakan Universitas Indonesia, Haula Rosdiana memberikan  kuliah umum perpajakan. Ia menekankan pentingnya  pajak  ibarat darah yang tiap tetesnya amat berarti  bagi   kesehatan negara.  Dalam demokrasi kebijakan publik, imbuhnya, hubungan paling intim negara dengan rakyatnya adalah pajak.

Dalam rangkaian peringatan Hari Pajak,  Subdirektorat Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Ditjen Pajak  menggelar diskusi buku ‘Taxing Women’ yang ditulis oleh Yustinus Prastowo.

Buku tersebut memaparkan ketertinggalan Indonesia dalam  mengoptimalkan peran pajak sebagai  insturumen kebijakan publik.  Prastowo menjelaskan tentang perlunya memaksimalkan tax expenditure berupa pengurangan, pengecualian pajak, dan pemberian tunjangan – tunjangan yang menjamin peningkatan kesejahteraan perempuan.  Misalnya, rekomendasi kebijakan pembebasan pajak untuk pembalut, susu anak, dan kosmetik.

“Melalui buku ini saya juga mengajak kaum perempuan untuk kritis menyampaikan rekomendasi kebijakan pajak secara argumentatif,” kata Prastowo.

Subdit P2Humas Ditjen Pajak juga turut memberikan bantuan kepada beberapa panti asuhan.

“Semoga  pajak semakin diingat masyarakat. Hari Pajak 14 Juli sebagai perayaan berbagi dan semangat membangun negara,” harap Sekertaris Direktorat Jenderal Pajak, Arfan.

Rangkaian Hari Pajak  ditutup oleh upacara bendera sekaligus peluncuran buku ‘Jejak Pajak’ oleh Menteri Keuangan, Dirjen Pajak, beserta jajarannya, di lapangan Kantor Pusat Ditjen Pajak. – Aprilia Hariani

Continue Reading

On Views

Indonesia-Malaysia Pererat Kerja Sama Perpajakan

Aprilia Hariani K

Published

on

Otoritas Pajak Negeri Jiran, Inland Revenue Board of Malaysia (IRBM) melakukan kunjungan bilateral ke Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sekaligus study visit ke Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Sumatera Utara I dan Kanwil Daerah Istimewa Yogyakarta dari 27 Februari hingga 6 Maret lalu.

Kepada Majalah Pajak, Direktur Perpajakan Internasional DJP John Hutagaol menjelaskan ini merupakan kunjungan silaturrahmi untuk berdialog seputar kolaborasi otoritas pajak kedua negara. Kolaborasi ini terkait berbagai aspek yang meliputi pengembangan kapasitas sumber daya manusia, saling tukar informasi terkait Automatic Exchange of Information, kebijakan insentif pajak, pajak atas e-dagang, dan Multilateral Tax Instrument (MLI).

“Pertemuan bilateral Indonesia dan Malaysia sangatlah penting untuk membangun kesepahaman dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul di era keterbukaan informasi untuk tujuan pajak,” tutur John melalui pesan singkat, Sabtu (17/3).

Di tahun 2018 ini, Indonesia dan Malaysia akan melaksanakan Automatic Exchange of Information (AEOI) bersama 47 Yurisdiksi lainnya. Adapun pertemuan bilateral antara Ditjen Pajak dan IRBM sudah rutin dilakukan sejak 2014.

Dengan hubungan bilateral yang baik, imbuhnya, otoritas pajak kedua negara sepakat melakukan pertemuan tingkat tinggi dalam waktu dekat ini.

Continue Reading

Breaking News

Breaking News2 bulan ago

Prasyarat Menuju Industry 4.0

Revolusi Industri 4.0 menjadi peluang menyerap banyak tenaga kerja profesional. Namun, perlu upaya “link and match” antara industri dengan lembaga...

Breaking News2 bulan ago

Menjaga Momentum Reformasi Perpajakan

Penulis: Aditya Wibisono   Reformasi perpajakan di Indonesia saat ini sudah memasuki tahun kedua dengan target penyelesaian yang dipercepat, yang...

Breaking News2 bulan ago

Tiga Pilar Sukses Pajak

Di usia yang ke-53 tahun, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) telah menjadi asosiasi berkelas dunia dengan jumlah anggota yang memiliki...

Breaking News3 bulan ago

Andai Lapor Pajak Bisa Lebih Sederhana

 Meski pemerintah telah berupaya keras melakukan simplifikasi aturan dan tata cara memenuhi kewajiban perpajakan bagi Wajib Pajak, ternyata sistem perpajakan...

Breaking News3 bulan ago

‘Sajak’ untuk Generasi Millennial

Penulis: Nilasari   Bonus demografi yang dipenuhi oleh generasi millennial harus dioptimalkan untuk mendukung budaya sadar pajak yang diharapkan dapat...

Breaking News4 bulan ago

Mengisi Ruang Penyempurnaan

DJP terus mengembangkan program-program untuk memaksimalkan kinerja dan kualitas pelayanan, mulai dari simplifikasi aturan, penurunan tarif pajak hingga penguatan teknologi...

Breaking News5 bulan ago

Forum Ekonomi Dunia Nobatkan OnlinePajak Sebagai Pionir Teknologi 2018

OnlinePajak, aplikasi perpajakan pertama di Indonesia yang mengadaptasi teknologi blockchain, semakin menancapkan eksistensinya di dunia fintek setelah dinobatkan sebagai Pionir...

Breaking News9 bulan ago

Panglima TNI: Patuh Pajak Wujud Cinta Tanah Air

Panglima Tentara Nasional Indonesia, Marsekal Hadi Tjahjanto, menegaskan, kepatuhan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan merupakan wujud cinta tanah air bagi...

Breaking News10 bulan ago

Capital Life Syariah dan AAD Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah

PT Capital Life Syariah dan PT Asuransi Adira Dinamika (AAD) menandatangani Perjanjian Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah, di Kantor Pusat...

Breaking News11 bulan ago

Majalah Pajak Print Review

Trending