Terhubung dengan kami

Tax Light

Mimikri Sang Pelangi

Aan Almaidah

Diterbitkan

pada

Penulis: Aan Almaidah A

Proses mimikri yang terjadi di unit kerja dibahasakan dengan istilah transformasi. Transformasi itulah yang menggerakkan kemandirian, dan tak luput dari pengawasan instansi pemerintah, termasuk juga Ditjen Pajak.

Pelangi datang setelah hujan. Dan hujan datang bisa bersamaan dengan badai. Dua kejadian itu mengingatkan pada dua hal dalam kehidupan, yaitu anugerah dan musibah. Banyak yang mengatakan, akan datang anugerah setelah terjadinya ujian atau musibah. Namun, pada kenyataannya sulit membedakan mana ujian, mana anugerah. Sebab, pada akhirnya ujian yang terlewati menyadarkan kita bahwa ujian pun anugerah yang luar biasa.

Dari jendela pesawat dan ketinggian ribuan kaki di atas permukaan laut, kita dapat melihat fenomena alam yang indah. Pelangi yang terbit setelah hujan terlihat istimewa dengan jenis warna mejikuhibiniu-nya. Konon, dengan perputaran warna maka yang dihasilkan adalah warna putih. Pelangi pun terbentuk dengan proses pembelokan cahaya yang dinamakan pembiasan.

 Tetapi apakah Anda dapat menebak fenomena alam yang sama indahnya, terjadi di tubuh binatang, dan menghasilkan jenis warna berbeda dengan dasar warna sebelumnya? Ya, kita pernah belajar proses tersebut di mata pelajaran IPA atau Biologi. Namanya mimikri. Kulit bunglon memiliki lapisan yang memantulkan cahaya dan dipenuhi melamin pigmen alami. Mimikri terjadi pada bunglon tidak hanya karena rangsangan cahaya, tapi juga ada faktor suhu tubuh, tingkat tekanan, dan perubahan suasana hati. Apabila stres, terkejut, takut, mimikri bisa terjadi.

Ada satu hal penting bisa dimaknai dari dua kegiatan kehidupan, berupa ujian dan anugerah, setelah kita mempelajari proses terbitnya pelangi dan terjadinya mimikri. Dalam ujian dan anugerah, terkandung unsur cahaya. Terjadinya pelangi dan mimikri, juga karena rangsangan cahaya.

Proses mimikri yang terjadi di unit kerja kerap dibahasakan Transformasi. Seperti mimikri, cahaya juga terjadi pada transformasi. Dalam siklus transformasi energi, sebuah bola lampu mengubah energi kimia dari bohlam menjadi cahaya, atau panel solar mengubah cahaya menjadi listrik. Transformasi, menggerakkan kemandirian, dan tidak luput dari pengawasan Ditjen Pajak.

Transformasi yang sekarang gencar diupayakan sudah menyentuh unit terkecil wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu desa. Saat membaca “Bab Pendahuluan” buku terbitan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang berjudul Menuju Desa Mandiri (2016), dinyatakan bahwa narasi tentang desa senantiasa sarat dengan serangkaian balada. Pertama, pembangunan yang terjadi di desa masih diikuti dengan ketimpangan pembangunan karena banyak desa belum mampu mengakses dan menikmati pembangunan. Kedua, arus urbanisasi yang tidak terelakkan dan arus TKI ke negara lain terjadi karena desa tidak mampu menciptakan sumber kehidupan. Ketiga, banyak tanah di desa sudah bukan lagi milik penduduk desa, melainkan sudah terbeli oleh korporasi, dan seterusnya.

Adanya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa merupakan kebijakan negara yang bertujuan memberdayakan desa menuju desa yang maju, kuat, mandiri dan demokratis. Upaya transformasi desa tersebut difokuskan pada pemberdayaan desa, memberikan mandat kewenangan dan pembangunan kepada desa, melakukan redistribusi dengan membagi sumber daya baik dalam bentuk dana desa maupun tanah untuk mencapai keadilan ekonomi. Pun adanya proses edukasi, katalisasi dan fasilitasi kepada tokoh-tokoh desanya.

Maka, bergeraklah pembangunan kemandirian desa tersebut. Salah satunya dengan revolusi infrastruktur yang didukung oleh dana desa. Pemanfaatan dana desa memerlukan kehati-hatian karena gelontoran dana desa berawal dari APBN yang kontribusi terbesarnya dari penerimaan pajak. Untuk menciptakan transformasi yang murni, perlu pengawasan dana desa oleh unit tertentu melalui pengawasan langsung ke desa-desa serta mengatasi kendala waktu, jarak dan transportasi.

Bicara tentang desa, diketahui sebagian besar Wajib Pajak terdaftar berdomisili di perkotaan, sementara jumlah penduduk Indonesia sebagian besar tinggal di pedesaan. Hal ini memunculkan optimisme meningkatnya jumlah Wajib Pajak potensial dari sektor pedesaan yang dapat digunakan sebagai basis perluasan Wajib Pajak. Jika Wajib Pajak sektor desa dikelola dengan baik maka pengamanan penerimaan pajak akan berjalan baik. Itulah yang perlu ditekankan bagi masyarakat desa, yaitu pemberian edukasi kesadaran pajak untuk membantu peningkatan kepatuhan perpajakan masyarakat.

Tingkat kepatuhan sendiri terdiri dari unsur kesadaran, pelayanan dan sanksi. Unsur pelayanan dan sanksi terjadi pada satu masa dan satu waktu, namun unsur kesadaran memiliki signifikansi tinggi karena bersifat jangka panjang. Kesadaran, dilahirkan dari karakter yang terbentuk melalui edukasi menahun.

Kesadaran perpajakan inilah yang akan ditransformasikan kepada masyarakat melalui pendidikan. Idealnya, pajak masuk dalam kurikulum pendidikan baik dari sekolah dasar sampai menengah dan perguruan tinggi. Generasi muda mengunyah kesadaran pajak bukan hanya dari ratusan jam latihan (jamlat) dan buku. Pajak mungkin bisa dibahasakan melalui aktivitas yang membangkitkan kepedulian atas perlunya pajak bagi bangsa yang bernegara. Perlu cara mendidik yang membangkitkan bahagia dalam menanamkan kesadaran ini. Misalnya, bermain untuk menciptakan pelangi. Menerangkan apa arti cahaya. Dan apakah pajak juga bisa menjadi cahaya bagi kehidupan rakyat di suatu negara?

Perubahan itu memiliki titik-titik tujuan. Apabila kita sudah melaksanakan perubahan dalam diri sendiri, berarti kita sudah sampai pada satu titik tujuan, untuk kemudian bersiap berubah kembali.

Tidak berbeda dengan generasi muda yang selalu belajar dalam perubahan lingkungan, kita yang berada di alam transformasi kelembagaan juga perlu diajarkan manajemen perubahan. Bahwa perubahan itu memiliki titik-titik tujuan. Apabila kita sudah melaksanakan perubahan dalam diri sendiri, berarti kita sudah sampai pada satu titik tujuan, untuk kemudian bersiap berubah kembali. Namun di saat yang sama, di titik tujuan yang kita capai, sudah terjadi perubahan lagi. Dan kita kembali berlari menyesuaikan diri dengan perubahan itu untuk sampai di titik berikutnya.

Hal yang sama terjadi setiap kali suatu aturan dan kebijakan muncul. Saat itu menandakan dimulainya perubahan baru. Perubahan yang terjadi saat ini terkait dengan keterbukaan akses informasi keuangan. Banyak pertanyaan galau bahwa aturan tersebut akan merugikan, misalnya. Pemilik rekening dalam negeri tidak perlu khawatir karena akses informasi keuangan ini hanyalah untuk kepentingan perpajakan, tidak untuk kepentingan lain. Pemerintah pun melindungi keamanan dan kerahasiaannya.

Kepercayaan, merupakan kunci utama saat terjadinya perubahan demi perubahan, dari satu titik ke titik yang lainnya. Dari satu keterbukaan informasi pajak, akan tertata kedisiplinan, akan tercipta kesadaran perpajakan, dan terealisasi kepatuhan yang sebenarnya.

Uniknya, perubahan digambarkan dengan metamorfosis kupu-kupu. Dari telur menjadi kepompong, menjelmalah ulat dan muncul keindahan kupu-kupu. Kalau mau berpikir lebih visioner lagi, siklus tidak hanya berhenti di tahap kupu-kupu. Kupu-kupu dengan keindahannya sebelum mati, akan meninggalkan telur yang menjadi kepompong, dan ulat lagi. Setelah keindahan tahap kupu-kupu, masih akan terjadi perusakan tahap ulat, seterusnya. Ada anugerah, ada ujian. Terkadang timbulnya bersamaan.

Makna yang terdalam adalah: Berubahlah seperti pelangi dan bermimikrilah dengan cahaya pelangi di kehidupanmu. Kita semua perlu berlari untuk menggapai dan mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi pasti. Kita perlu berani menengadah ke langit mencari jawaban. Karena, seperti kata Charlie Chaplin, “Kau tak akan pernah menemukan pelangi jika kau menunduk.”

Klik untuk Komen

TaxPoeple, Anda harus masuk log untuk mengirim komentar Masuk

Balas

Tax Light

CAMEO

Aan Almaidah

Diterbitkan

pada

Penulis:

Seorang pemimpin hebat itu “dilahirkan” atau “diciptakan”?

Peran sebagai pemimpin, melahirkan teori dalam berjuta buku dan berita. Ada orang yang menjadi pemimpin karena selembar kertas pengangkatan.  Ada yang menjadi pemimpin dengan bantuan nilai-nilai relasional yang tinggi dan dia anut selama proses mencapai kepemimpinan. Ada juga yang menjadi pemimpin karena pilihan dan kepercayaan orang-orang di sekitarnya.

Saat kita mempercayai bahwa seorang pemimpin itu dilahirkan, akan terlintas sosok Indira Gandhi dan keluarganya yang membesarkan India. Indira, putri dari Jawaharlal Nehru yang merupakan Perdana Menteri India, memiliki putra Rajiv, yang juga terpilih sebagai pemimpin India dalam kurun masa berbeda. Apakah itu karena ada genetis kepemimpinan mengalir di darah orang tua ke anak? Bagaimana dengan George Herbert Walker Bush sang ayah dan George Walker Bush sang anak yang sama-sama pernah menjabat sebagai Presiden USA? Apakah karakter mereka sesuai dengan teori kepemimpinan?

Dan bagaimana apabila pemimpin tidak berasal dari trah pemimpin? Mereka dibentuk. Siapa yang membentuk? Tempaan proses kehidupan masing-masing.

Kembali kepada pemimpin.

Kita sangat mengenal istilah Tut Wuri Handayani. Ini  bukan hanya slogan dari KI Hajar Dewantara. Artinya, Pemimpin yang memberi dorongan dari belakang. Pendorong, kata ini menyibakkan karakter yang solid. Namun saat ini, sulit dicari pemimpin yang mendorong. Apa yang sedang terjadi?

Proses penuaan bumi saat ini membuat kita lebih mengenal pemimpin yang memiliki panggungnya sendiri. Dan cenderung abai pada pemimpin yang tidak banyak terekspos oleh media atau media sosial. Lantas apakah performa kepemimpinan juga dikaitkan dengan kemunculan dan popularitas?

Sesuai dengan Hukum Dasar yang Kokoh yang disampaikan John C. Maxwell dalam buku 5 Levels of Leadership, dasar kepemimpinan adalah rasa percaya. Kemudian, Jati diri anda ditentukan oleh siapa yang tertarik pada Anda, demikian Hukum Magnet Kepemimpinan. Maxwell menetapkan level kepemimpinan tertinggi yaitu Kepemimpinan Puncak, di mana di level ini secara alamiah orang-orang mengikuti pemimpin yang lebih kuat dari mereka karena respek. Ketika seseorang sudah memilih jalurnya untuk menjadi seperti apa, maka publik akan menilai kinerjanya dengan nyata. Berita sebaik apapun, tetap akan dikonfrontasi dengan kenyataan yang belum tentu dapat dipercaya. Dan seorang pemimpin, mewakili nama baik instansi tempatnya mengemban amanah, menjadi sumber trust dan distrust. Bisa jadi pahlawan, atau korban.

Apabila dikonversikan gelar kepemimpinan dalam kepemerintahan, maka kepemimpinan yang terstruktur merupakan modalitas suatu pemerintahan. Unsur kepemerintahan tersebut tidak hanya ditentukan individu sebagai pemimpin, namun juga institusi sebagai unit kepemimpinan. Setiap institusi dapat meng claim unitnya sebagai pemimpin, paling berperan dalam pemerintahan, paling dipercaya, dan seterusnya. Setiap institusi atas nama pemerintah, berperan dalam tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Apabila menukik kembali ke dalam pemetaan pengumpulan penerimaan negara, mau tidak mau kita akan melihat ke institusi yang selama ini berperan dalam pengumpulan setoran pajak kepada negara. Dialah Direktorat Jenderal Pajak, yang memiliki tiga puluhan kantor wilayah tersebar di seluruh Indonesia, tiga ratus empat puluhan kantor pelayanan pajak, dan dua ratusan kantor penyuluhan, pelayanan dan konsultasi perpajakan. Instansi yang menjadi tempat bernaung 40 ribuan pegawai ini memiliki tanggung jawab di level empat kepemimpinan. Pertama,  memastikan bahwa perkembangan kesejahteraan akan terus terjadi. Kedua, melibatkan banyak hal untuk memberikan kepuasan kepada setiap individu secara mendalam. Ketiga, mengharuskan adanya rasa aman di dalam mengembangkan proses bagi orang lain. Untuk bisa naik kelas ke level lima kepemimpinan, maka kerjasama dengan pihak luar dalam mendukung  kinerja sangat dibutuhkan, selain tetap berfokus pada kerja keras dan strategik.

Itu semua menjadi tanggung jawab setiap instansi pemerintahan? Tentu saja! Apakah kita semua menyadarinya? Belum tentu!

 “Seorang pedagang bakso, menjadi pemimpin yang menginspirasi komunitas penjual bakso untuk membayar pajak, bahkan meluas kepada komunitas UMKM Sahabat Pajak.”

Saat ini, pemimpin yang menginspirasi sering kali tak terdeteksi, karena ruang lingkup mereka yang terbatas. Seorang pedagang bakso, menjadi pemimpin yang menginspirasi komunitas penjual bakso untuk membayar pajak, bahkan meluas kepada komunitas UMKM Sahabat Pajak. Seorang penjual bir pletok, bisa saja menyebarluaskan nilai religi untuk mencerahkan wawasan kesadaran pajak, tanpa meminta bayaran. Seorang dosen dan temannya mencetuskan aplikasi untuk membantu usahawan kecil dan menengah membuat laporan keuangan menjadi mudah dan responsif kewajiban perpajakan.

Gerakan kepemimpinan mereka tanpa terukur sesungguhnya sudah mencapai taraf mengembangkan orang lain.  Itu ada di level empat teorinya Maxwell. Gelombang kepemimpinan ini kelak akan masif dan tak terelakkan menanamkan benih edukasi dan kesadaran bagi masyarakat umum. Kelak, keyakinan dan kepercayaan Wajib Pajak kepada otoritas perpajakan akan semakin meningkat dengan terbentuknya institusi yang kuat, kredibel dan akuntabel. Sesuai dengan tujuan reformasi perpajakan.

Baiklah kita kemudian berpikir bahwa masalah kepemimpinan dewasa ini ternyata didominansi oleh transaksi berita. Pemimpin yang lahir ke permukaan bukanlah pemimpin yang dilahirkan atau dibentuk, melainkan pemimpin yang digadang-gadang. Yang adanya karena ada harapan. Dan adanya harapan karena ingin mewujudkan suatu tujuan. Seperti virus, kepemimpinan masa kini menularkan kepercayaan dan ketidakpercayaan secara simultan. Dan itu berdampak pada unit kerjanya. Ketika suatu instansi besar bertempur untuk mewujudkan cita-cita, maka gempuran atas kebenaran yang ditegakkan menjadi sumber kelemahan. Berita penangkapan atas oknum tertentu akan menjadi nila setitik di instansi mana saja. Lebih parah bila berujung pada penodaan citra.

Seandainya boleh berangan-angan… apabila suatu saat transaksi berita ditiadakan. Misalnya dengan melakukan pemadaman listrik sementara, atau kewajiban tidak menggunakan elektronik dan cahaya seperti saat hari besar keagamaan, Nyepi.  Kita akan kembali seperti zaman dulu ketika keberhasilan muncul di waktu yang pantas untuk diwartakan. Mungkin menjadi berita terakhir, seperti pemimpin yang muncul sekilas. Seperti kemunculan Cameo.

Saat semua sepi, kita belajar mengenali bahwa,  pemimpin yang hebat akan muncul dengan sendirinya, sekedar memberi pertanda bahwa dia ada. Dialah, sang Cameo.  Durasi kemunculannya tidak lama. Dia tidak berbicara. Perannya tidak terlalu ditonjolkan. Tapi dia berperan.

Seorang Cameo, seperti kata Vijay Eswaran, memiliki dunia heningnya sendiri. Kebenaran  tertinggi yang dia ketahui hanya terdapat dalam keheningan, bukan dalam kata-kata yang terbatas. Dan dia paham peran dirinya sendiri.

Seandainya, di tengah gelombang narsisme kepemimpinan dewasa ini, semua kita paham akan esensi Cameo….

Lanjutkan Membaca

Tax Light

Aphantasia

Aan Almaidah

Diterbitkan

pada

Penulis:

Photo Mehdinom/Wikimedia via The Daily Dot.

Kita mengenal “revolusi karakter”. Namun, sebelumnya perlu upaya untuk berkenalan dengan karakter diri kita sendiri. Tahapan pertama dengan mengenali kebutuhan diri, tujuan hidup, dan arti ada-tiada seorang manusia melalui berbagai bentukan rasa.

Salah satu bentuk adalah ketakutan.

Ketakutan, merupakan bentuk dari menerima apa yang diberikan Sang Pencipta tanpa bertanya kenapa dan bagaimana. Ketika seorang manusia sudah berhasil melahirkan ketakutan dalam dirinya untuk mengeluh atas apa yang dia peroleh, dia akan dikelilingi oleh harapan bahwa yang diperolehnya adalah yang terbaik dari Sang Pencipta. Maka karakter yang melingkupinya adalah keajaiban, kebebasan, ketulusan, perenungan, dan ingat kepada Tuhan, demikian Mufid dalam bukunya Mengasah Intuisi.

Perenungan yang dalam bisa dilatih saat kita dapat berimajinasi atas terjadinya suatu kondisi di sekitar kita. Kondisi terjadi karena adanya suatu ketetapan. Tujuannya demi kebaikan. Benarkah demikian? Bagaimana sekiranya ketetapan yang terjadi menyebabkan kondisi yang merugikan bagi kita? Masihkah dapat kita bayangkan sebagai kebaikan?

Disadari atau tidak, rasa ketakutan menjadi epidemi masyarakat zaman now dengan laju melampaui dugaan karena adanya pengalaman terbaru. Contohnya, bagaimana cara membedakan telur asli dan palsu dengan beredarnya video pembuatan telur palsu yang dinyatakan hoaks. Kondisi ini telah mencengkeram rasa takut masyarakat yang nantinya berperan dalam menentukan akan membeli telur atau tidak.

Contoh lagi, saat ramai-ramainya berita mengejar harta orang yang sudah meninggal untuk dipajaki. Epidemi ini menyuarakan kegalauan melampaui ekspektasi. Seandainya masyarakat mau menggali dari membaca, aturan ini telah berlaku lama dan warisan belum terbagi memang merupakan subjek pajak. Pelaksanaan kewajibannya pun nanti dijalankan ahli waris, bukan yang mewariskan yang sudah damai “di sana”. Saat ini, animo membaca berita masyarakat sangat tinggi, dari gawai dan bukan dari sumber berita. Saat ini, passion masyarakat sangat tinggi untuk menyebarkan ketakutan melalui media, dan viral dengan didampingi emosi, bukan viral dengan penelitian validitas.

Sesungguhnya, apa yang sedang terjadi dalam diri kita? Jangan-jangan kita tidak mengenal diri kita sendiri, apalagi mengenali karakter kita. Di mana-mana disampaikan bahwa untuk mengenali Tuhan dimulai dengan mengenali diri kita sendiri. Bagaimana bisa terjadi bila kita tidak belajar kenal siapa kita?

Satu lagi yang jadi perhatian, konsep membaca saat ini telah bergeser. Kanak-kanak zaman dulu membaca Si Ande-Ande Lumut, Kleting Kuning, Aji Saka, Kucing Bersepatu Lars, Hansel and Gretel, dengan memanfaatkan waktu untuk menyipitkan mata dan membayangkan. Kanak-kanak zaman old sudah dilatih berimajinasi. Tetapi keahlian itu sekarang musnah dengan kecanggihan zaman. Semua yang dibaca sudah lengkap gambar-gambarnya di depan mata. Tidak ada waktu untuk berkhayal lagi.

Maka, sayonara imajinasi.

Inilah yang dikenal dengan nama aphantasia. Istilah ini tersebut dalam sebuah penelitian di jurnal Cortex, oleh Adam Zeman dan tim. Penelitiannya menjelaskan bagaimana kasus orang yang kehilangan kemampuan berpikir dalam gambar setelah cedera otak. Ada pula yang baru bisa melihat gambar dalam mimpi, dan tidak bisa melihatnya bila diminta membayangkan. Menurut Zerman, Aphantasia bukan kelainan, hanya perbedaan, dan dapat terjadi di satu dari 50 orang. Sangat aneh rasanya membayangkan ada orang tanpa imajinasi, dan sangat mengerikan bila mereka bercerita tidak dapat mengenang kembali orang-orang tercinta mereka setelah kematiannya.

Di lingkup sederhana Aphantasia terjadi pada diri kita juga. Bagaimana itu terjadi? Coba diuji dengan melakukan pertanyaan pada diri sendiri. Pernahkah kita bertanya pada diri kita dengan kalimat-kalimat tanya di bawah ini?

Hai diriku, apakah kamu pernah membayangkan akan jadi apa kantormu tempat bekerja ini dengan adanya dirimu?

Hai diriku, apakah kamu pernah membayangkan akan kamu bawa ke mana keluargamu, pasanganmu, anak-anakmu, baik di rumah dan di kantor, untuk membina karakter dan kesuksesan masa depan mereka?

Hai diriku, pernahkah kamu bayangkan bagaimana Indonesia menopang pembangunannya bila warga negara tidak memiliki rasa cinta tanah air dan bela negara yang diimpelementasikan dengan membayar pajak secara jujur dan bahagia?

Diri yang tidak bisa menjawabnya, mungkin saja sedang mengidap aphantasia. Saatnya sekarang untuk belajar mengenali penyakit, epidemi, yang akan merusak diri kita. Jangan mudah terhasut dengan click bait di media sosial yang menarik kita untuk mempercayai berita-berita bombastis.

Kalau ada berita tentang pajak, persepsi ketakutan yang terbentuk di pikiran adalah manifestasi kepatuhan. Tepis ketakutan dengan bertandang ke kantor pajak tempat Anda terdaftar, sekadar berkenalan dengan petugas help desk, bertanya, menjalin silaturahmi dengan Account Representative yang juga bisa anda minta menjelaskan semua aturan terbaru. Mulailah dengan mengedukasi diri dan membangkitkan keinginan literasi kita, sehingga terbentuk awareness dan tanggung jawab sebagai warga negara yang taat pajak.

Hingga suatu saat…

Anda bisa berlatih menutup mata… Membayangkan masuk kantor pajak tanpa galau. Bisa baca buku dan internetan di pojokannya… Banyak teman baru yang menyenangkan di sana…  Ngobrol. Diskusi. Ngopi. Baca buku. Musik. Dan menepis takut menjadi percaya.

Lanjutkan Membaca

Tax Light

Derau

Aan Almaidah

Diterbitkan

pada

Penulis:

Setiap manusia itu unik dan memiliki kecerdasan. Menurut Ken Robinson dan Lou Aronica dalam bukunya Do It With Passion!, tiga ciri kecerdasan manusia adalah—satu, kecerdasan manusia luar biasa beragam; dua, kecerdasan manusia itu luar biasa dinamis; dan tiga, kecerdasan adalah luar biasa khas. Namun bentuk tertinggi kecerdasan manusia adalah berpikir kreatif. Kreativitas itu sendiri merupakan perwujudan dari imajinasi yang diterapkan dan itu bersentuhan sangat dengan dunia pendidikan. Sehingga pendidikan yang hebat itu tentunya bergantung pada pengajaran yang hebat.

Di manakah manusia memperoleh pengajaran? Dalam memahami jangkauan kemampuan, kita harus memahami batasan tentang kemampuan alami. Batas pertama, dalam memahami jangkauan kemampuan, manusia perlu mengenali kekuatan imajinasi, kecerdasan, intuisi, spiritualitas, kekuatan fisik dan indera, Pengajar pertama adalah orang tua, dengan lingkungan pendidikan utama adalah keluarga. Indonesia terenyak dengan kasus Guru Budi, di mana seorang siswa mampu memenuhi tuntutan nafsu emosionalnya untuk menganiaya yang berakibat pada tewasnya sang pengajar. Kasus ini mendapat perhatian dari Presiden RI yang menilai bahwa pendidikan di sekolah tidak hanya harus fokus pada kecerdasan otak, tetapi juga pendidikan karakter (Kompas.com, 6 Februari 2018). Jelas sekali ada kesenjangan pemahaman siswa pelaku penganiayaan tersebut dengan batas pertamanya dalam mengenali spiritualitasnya.

“Bila kualitas informasi kita untuk generasi muda dikalahkan oleh berita eksternal yang mereka peroleh dari gawai, maka bisa saja semua nasihat itu lenyap karena derau kecanggihan teknologi media sosial dan gim di gawai.”

Batas kedua adalah memahami bagaimana semua kemampuan saling terkait secara holistik. Pendidikan karakter, sejatinya menerapkan kepercayaan diri saat manusia belajar sejak dini berimajinasi. Hasil coretan gambar di kertas atau di dinding mendapatkan apresiasi. Coretan tak berbentuk dipuji. Kesalahan tidak sengaja tidak dimaki, tapi diarahkan. Keberanian memanjat pohon tidak diteriaki, tapi dijaga dan diamati keseimbangannya. Bahkan sampai ada pesan untuk tidak meneriakkan kata jangan yang saat ini dikhawatirkan terlewat dari filter pikiran bawah sadar, sehingga dimaknai larangan jangan sebagai instruksi untuk melakukan.

Batas ketiga adalah memahami betapa besarnya potensi yang dimiliki untuk tumbuh dan berubah. Camkanlah nasihat bahwa “Bila Anda tidak siap salah, Anda tidak akan pernah menghasilkan apa pun yang orisinal”. Maka, dengan kesalahan atau kegagalan yang diterima sejak usia dini, respons positif orang tua dan guru akan mengarahkan setiap anak manusia untuk lebih memahami siapa dirinya dan bakat apa yang dia miliki. Tidak merasa kecil hati saat ditegur dan diarahkan pada kebaikan, karena siap menerima apa pun kesalahan untuk menuju pembentukan diri yang lebih baik.

Ken Robinson menjelaskan dengan lugas, betapa sikap itu merupakan sudut pandang pribadi terhadap diri dan lingkungan. Bagaimana kita menilai sikap sang siswa yang tega menghajar gurunya sendiri? Dan akan lebih menarik bila kita renungkan, bagaimana siswa tersebut memandang dirinya sendiri? Batasannya terhadap kemampuan alaminya mungkin sudah remuk!

Membangun Pendidikan karakter akan berhadapan dengan derau. Derau, biasa disebut noise adalah suatu sinyal gangguan yang bersifat akustik (suara), elektris maupun elektronis, yang hadir dalam suatu sistem dalam bentuk gangguan yang bukan merupakan sinyal yang diinginkan, demikian jelas Wikipedia. Menariknya, derau ini bisa terjadi karena gangguan alamiah seperti petir, atau buatan manusia seperti motor, dan bisa muncul dengan adanya atau tanpa sinyal. Istilah ini sangat menarik karena gangguan yang dialami di area alat elektronik sebenarnya bisa diterjemahkan dalam kehidupan kita. Misalnya, derau yang terjadi dalam mengganggu kualitas informasi.

Lantas apa hubungannya derau dengan pembangunan karakter? Apabila kita berhadapan dengan karakter generasi muda di mana kita akan menerapkan etika, kesantunan, disiplin, nilai spiritual, kemudian kualitas informasi kita dikalahkan oleh berita eksternal yang mereka peroleh dari gawai, maka bisa saja semua nasihat itu lenyap karena derau kecanggihan teknologi media sosial dan gim di gawai.

Demikian pula bila kita berharap generasi muda kita kelak mengerti dan sadar pajak. Harapannya, saat mereka melakukan transaksi ekonomi, pemahaman mereka tentang pajak akan membuat peningkatan pertumbuhan penerimaan pajak yang sifatnya transaksional. Belum lagi jika mereka adu nyali menjadi pebisnis muda start up, maka peningkatan pembayaran pajak 1% mereka menunjukkan adanya peningkatan aktivitas ekonomi UKM.

Pada salah satu workshop yang dihadiri peserta UKM di Indonesia, ada statement yang luar biasa disampaikan Ketua UKM Sahabat Pajak (USP) yang masih muda, bahwa, “Kami membayar pajak bukan karena dipaksa, tapi ingin berkontribusi walaupun tidak kelihatan. Kami membayar pajak karena rasa memiliki bangsa ini.”

Jelas. Sang pengusaha muda tidak memiliki derau dalam niatannya berbuat baik untuk bangsa melalui membayar pajak. Tentu saja, komunitas anak muda yang berbisnis dari makanan, pakaian sampai kerajinan itu musti bersusah payah mempelajari cara membuat laporan keuangan dengan benar, mengetahui sendiri berapa omzet bisnis mereka, dan berapakah yang mereka bayarkan sebagai pajak mereka? Yang atas nama keyakinan dan nilai-nilai spiritual mereka yakini akan meningkatkan rezeki mereka karena tidak berhitung dengan Tuhan.

Dan sebelum mengakhiri bulan Maret ini, jangan sampai ada derau di antara kita. Semakin awal melaporkan SPT Tahunan Anda sebagai pembayar pajak orang pribadi, tentunya semakin melegakan dan menenangkan. Zaman semakin berpacu dengan teknologi, maka gunakan teknologi untuk efisiensi pelaporan pajak.

Derau itu seperti sabotase. Saat kita fokus, maka dia hadir. Dia hadir seperti musuh dari kreativitas dan inovasi. Anda tahu wujudnya? Akal sehat di tengah kesibukan dan rutinitas, adalah musuh utama kreativitas dan inovasi. Anda berpikir untuk menunda hal-hal penting. Tidak mendahulukan pelaporan pajak di akhir bulan, misalnya. Namanya prokrastinasi, yang dalam ilmu psikologi disebut perilaku kecemasan saat memulai atau menyelesaikan tugas atau keputusan apa pun, sehingga pelaksanaannya tertunda.

Mulailah dengan memahami konsep batasan kemampuan alami kita sendiri. Singkirkan derau karena rasa memiliki terhadap bangsa ini. Akarnya hanyalah rasa peduli dan memiliki.

Lanjutkan Membaca

Breaking News

Breaking News3 bulan lalu

Panglima TNI: Patuh Pajak Wujud Cinta Tanah Air

Panglima Tentara Nasional Indonesia, Marsekal Hadi Tjahjanto, menegaskan, kepatuhan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan merupakan wujud cinta tanah air bagi...

Breaking News4 bulan lalu

Capital Life Syariah dan AAD Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah

PT Capital Life Syariah dan PT Asuransi Adira Dinamika (AAD) menandatangani Perjanjian Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah, di Kantor Pusat...

Breaking News5 bulan lalu

Majalah Pajak Print Review

Breaking News7 bulan lalu

Topik Pajak sudah di Rumah-Rumah Kopi

  Melalui sosialisasi yang intens dan pemahaman kultur masyarakat setempat, kesadaran pajak muncul. Kondisi geografis Provinsi Maluku terdiri atas kepulauan,...

Breaking News7 bulan lalu

Amankan Penerimaan Pajak di Papua dan Maluku

Waktu yang tersisa untuk mencapai target penerimaan pajak 2017 tinggal beberapa bulan. Menyadari itu, Kanwil DJP Papua dan Maluku mengundang...

Breaking News8 bulan lalu

Memupuk Talenta Warga Sekitar

Penulis : Novita Hifni Holcim melakukan kegiatan pemberdayaan yang bersinergi dengan bisnis perusahaan untuk kemajuan bersama. Pengembangan masyarakat (community development)...

Breaking News10 bulan lalu

“You Can Run but You Can’t Hide Understanding E-commerce Tax & Bank Secrecy”

Pajak E-commerce dan PERPPU no. 1 thn 2017 (tentang keterbukaan rahasia keuangan) merupakan topik yang hangat dan sedang sering diperbincangkan....

Breaking News1 tahun lalu

Tidak Memetik tanpa Menanam

Kepercayaan Wajib Pajak sangat bergantung pada “equal treatment” yang mereka dapatkan dari institusi pajak, baik dari sisi pelayanan, sosialisasi maupun...

Breaking News2 tahun lalu

Bea Cukai dan DJP Mesti Bersinergi Menggali Potensi Pajak

Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) mengapresiasi kinerja Drirektorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI tahun 2015. Sesuai...

Analysis3 tahun lalu

CITA: Tanpa Konvergensi Visioner, Insentif Pajak menggerus potensi pajak

Oleh: Yustinus Prastowo Program Pemerintah hanya akan berhasil jika didukung penerimaan yang cukup. Kita ingat pepatah “Besar pasak daripada tiang”....

Advertisement Pajak-New01

Trending