Connect with us

Reviews

Mengenal Hak dan Kewajiban Perpajakan

Diterbitkan

pada

Kewajiban perpajakan kerap belum sepenuhnya dilaksanakan oleh Wajib Pajak (WP) lantaran kurangnya pengetahuan atas ketentuan perpajakan. Buku karya Nurhadi Mulyodiwarno ini membahas pokok-pokok hak dan kewajiban perpajakan, mulai dari catatan dan tinjauan kritis mengenai UU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, Pajak Penghasilan, dan Pajak Pertambahan Nilai yang mungkin selama ini luput dari perhatian pemerintah dan WP.

Penulis menguraikan hak WP mengajukan keberatan, keberatan WP yang tidak memenuhi syarat dan akibatnya, pengajuan keberatan menangguhkan pelunasan pajak yang belum dibayar, hingga pada sanksi administrasi yang dikenakan apabila keberatan yang diajukan WP ditolak atau dikabulkan sebagian.

Untuk memudahkan pembaca, buku disertai skema dan gambar penjelasan yang lengkap di setiap babnya

 

Judul Buku      : Catatan Tentang Ketentuan Pelaksanaan Undang-Undang   Perpajakan Berdasarkan UU KUP, UU PPh, dan UU PPN

Penulis             : Nurhadi Mulyodiwarno

Penerbit           : PT Rajagrafindo Persada

Cetakan            : 2021

Tebal                 : 628 Halaman

Harga                : Rp 200.000

Reviews

Refleksi dan Masa Depan Keuangan Syariah

Diterbitkan

pada

Penulis:

Dalam dasawarsa terakhir, industri bisnis dan keuangan berbasis syariah di Indonesia mendapatkan sambutan cukup hangat. Ini ditandai dengan perkembangannya yang signifikan baik dalam kualitas maupun kuantitas. Kehadiran sistem ekonomi dengan basis nilai-nilai syariah juga mampu menggerakkan hasrat dan motivasi masyarakat untuk mencoba melirik sistem ekonomi yang dinilai lebih baik dan solutif. Melihat ini, tudingan yang menyebutkan sistem ekonomi dan keuangan islam kuno, jadul, dan tidak aplikatif tertolak dengan sendirinya.

Buku Arah Baru Ekonomi dan Keuangan Syariah ini memuat empat bab penjelasan yang meliputi refleksi pemikiran ekonomi dan keuangan syariah, diskusi seputar ekonomi dan keuangan syariah, aksi membumikan ekonomi dan keuangan syariah, serta refleksi, diskusi dan aksi.

Menariknya, penulis juga menuliskan strategi jitu apa saja untuk mendorong perbankan syariah agar tetap tumbuh ekspansif di tengah perekonomian global yang penuh ketidakpastian. Mulai dari optimalisasi office channeling, sumber daya manusia (SDM), pemanfaatan teknologi informasi, dan kartu tanda mahasiswa (KTM) syariah.

Pengajar, mahasiswa, dan penggiat ekonomi syariah dapat memanfaatkan buku ini untuk mengenal lebih jauh tentang ekonomi dan keuangan syariah dan masa depannya.

 

Judul Buku      : Arah Baru Ekonomi dan Keuangan Syariah

Penulis             : Faizi

Penerbit           : Pustaka Harakatuna

Cetakan            : 2021

Tebal                 : 179 Halaman

Harga                : Rp 50.000

Lanjut baca

Reviews

Apa dan Bagaimana bila Pailit

Diterbitkan

pada

Penulis:

Untuk menyelesaikan masalah utang-piutang secara adil, cepat, terbuka, dan efektif diperlukan peraturan tentang kepailitan termasuk semua aturan penundaan kewajiban pembayaran utang. Sayangnya, banyak yang belum tahu aturan ini, biarpun mereka pengusaha UMKM maupun pebisnis besar. Padahal, pengetahuan kepailitan penting dikuasai agar dapat mereka melakukan antisipasi jika terjadi masalah yang berakhir pada keterpurukan usahanya.

Buku Kepailitan ini memberikan wawasan dan pengetahuan esensial tentang kepailitan, mulai dari pengertian, asas, kondisi yang dapat membuat sebuah usaha pailit, siapa saja yang dapat menyatakan pailit, dan bagaimana menyelesaikan permasalahan kepailitan. Selain itu, penulis juga menjelaskan manfaat dan fungsi pajak, konsep pajak sebagai utang yang lahir berdasarkan undang-undang, serta hak mendahulu utang pajak.

Disajikan dengan jelas dan komprehensif, buku ini cocok bagi para pembaca yang ingin mendapatkan ilmu kepailitan dan menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan kepailitan.

 

Judul Buku      : Kepailitan

Penulis             : Yeheskiel Minggus Tiranda

Penerbit           : CV Tiga Asa Mandiri

Cetakan            : 2021

Tebal                 : 149 Halaman

Lanjut baca

Reviews

Tip Investasi bagi Pemula

Diterbitkan

pada

Penulis:

Banyak anak milenial yang masih khawatir dan takut untuk memulai sesuatu, khususnya yang berkaitan dengan investasi. Pemahaman dan pengetahuan mereka tentang investasi memang umumnya minim. Banyak pertanyaan timbul di benak mereka—Berapa modal awal? Kapan bisa untung? Apakah investasi harus memiliki modal yang besar?

Buku Millennial Investing ini mencoba menjadi salah satu referensi bagi mereka saat mereka memerlukan jawaban atas pertanyaan di atas. Buku karya Fadjar Sidiq Hidayatullah dan Prima Bintang Pamungkas ini mengulas mindset full investor, investasi saham dan legalitas, screening emiten yang jitu, analisis top down approach, emiten cendrawasih (undervalue), economic moat, dan lainnya. Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai pengetahuan mengenai berapa harga wajar sebuah perusahaan berdasarkan kinerja perusahaan (value investing), dan bagaimana melihat prospek bisnis sebuah perusahaan (growth investing), yang digabung menjadi satu paket istimewa bernama Growth At Reasonable Price (GARP) investing.

Dijelaskan dengan gaya bahasa yang mudah dan sederhana dan diselingi dengan tabel penjelasan, buku ini cocok bagi investor pemula.

 

Judul Buku      : Millennial Investing

Penulis             : Fadjar Sidiq Hidayatullah dan Prima Bintang Pamungkas

Penerbit           : PT Elex Media Komputindo

Cetakan            : 2021

Tebal                 : 264 Halaman

Harga                : Rp 89.000

Lanjut baca

Populer