Connect with us

Techno

Laptop untuk Gim dan Gaya

Heru Yulianto

Diterbitkan

pada

Foto: Asus

Asus mengumumkan peluncuran ROG Zephyrus G14 (GA401), laptop gaming 14 inci yang diklaim memiliki performa terkuat dengan desain stylish dan inovatif. Laptop supertipis ini hadir dengan prosesor kencang dan desain mengikuti konsep “Lead the Game with Style”.

ROG Zephyrus G14 (GA401) dibekali dengan AMD Ryzen™ 4000 HS Series Mobile Processor serta chip grafis (GPU) hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 2060. Berbeda dengan pendahulunya, ROG Zephyrus G14 (GA401) merupakan laptop gaming pertama di dunia yang mengadopsi fitur AniMe Matrix™. Fitur ini memungkinkan tampilnya grafis, animasi, dan berbagai efek di belakang layar. AniMe Matrix™ menggunakan 1.215 mini LED yang memiliki 256 tingkatan pencahayaan. Dengan kemampuan ini, berbagai animasi dan gambar dapat ditampilkan dengan baik.

Baca Juga: Jawab Kebutuhan Ruang dan Kecepatan

Tidak hanya pas buat bermain gim, laptop ini, dengan dukungan teknologi AMD FreeSync™ dan teknologi layarnya, mampu menampilkan warna secara akurat—cocok untuk kreator konten. Spesifikasinya memungkinkan lancarnya berbagai tugas berat semisal video rendering.

Bodi laptop ringkas ini (tebal 17,9 mm, bobot 1,6 kg tanpa custom LED matrix) menggunakan bahan magnesium alloy yang diproses secara khusus sehingga tidak meninggalkan sidik jari ketika digunakan. Tombol power-nya, selain menjalankan fungsi on-off, juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari.

Baca Juga: Kolaborasi Proyek Gim Klasik Teknologi Modern Garapan Touchten

Tulis Komentar

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Techno

Kamera untuk Kini dan Nanti

Heru Yulianto

Diterbitkan

pada

Penulis:

Foto: Blackmagic

Mengusung resolusi yang lebih tinggi ketimbang Ursa Mini Pro yang telah ada, Blackmagic meluncurkan kamera video terbarunya, Ursa Mini Pro 12K. Kamera ini memiliki sensor Super 35 12.288 x 6480 yang mampu menangkap rekaman 12K pada 60 frame per detik, 8K pada 110 fps dan memotong 4K Super 16 pada 220 fps. Kemampuannya merekam video dengan resolusi yang sangat tinggi ini memadai buat bikin konten video beresolusi 4K atau 8K dengan kualitas terbaik dari segi warna, komposisi, framing, maupun stabilisasi.

Baca Juga: Diagnosis COVID-19 Cepat lewat Cloud dan AI

Kamera ini dibekali filter ND bawaan dan port ekspansi USB-C 3.1 Gen 2 untuk transfer data yang lebih cepat ke SSD eksternal. Dan meski video yang dihasilkannya berkualitas 12K, kamera ini tak dirancang untuk proyek yang benar-benar akan dilihat dalam 12K. Sebaliknya, Blackmagic mengatakan piksel tambahan dapat membantu menghasilkan gambar yang lebih bersih dalam 8K atau 4K.

Tak hanya itu, kamera ini memungkinkan pengguna untuk memotong video pascaproduksi tanpa kehilangan resolusi. Semua hasil rekaman video bisa tersimpan di slot kartu memori CFast ganda dan tersedia lagi dua slot kartu memori SD UHS-II. Perangkat kamera Blackmagic juga menggunakan PL mount untuk kompatibilitas dengan berbagai lensa sinema high-end, tetapi dapat ditukar dengan Canon EF dan Nikon F Mounts.

Rekaman video 12K dapat diedit dengan perangkat lunak DaVinci Resolve milik Blackmagic. Kompresi bawaan kamera ini dapat menyimpan versi 4K, 6K, 8K sekaligus untuk keperluan ekspor video secara instan. Tak heran bila kamera Ursa Mini Pro 12K ini direkomendasikan buat penggiat film dan TV. Produk yang dibanderol 9.995 dollar AS atau sekitar Rp 147 juta per unit ini tersedia di seluruh dunia sejak akhir Juli tahun ini.

Baca Juga: Tiga Solusi Bisnis dari Microsoft

Lanjut baca

Techno

Fon Telinga Bersensor Sentuh

Heru Yulianto

Diterbitkan

pada

Penulis:

Foto: Istimewa

Google akhirnya merilis produk fon telinga (earphone) TWS (true wireless stereo) pertamanya, yaitu Google Pixel Buds 2. Fon telinga berbentuk unik dan punya banyak fitur menarik ini cocok untuk dibawa berolahraga.

Selain memiliki driver (speaker) 12 mm dan dua modul mikrofon yang mampu meredam suara latar, fon telinga ini dilengkapi sensor sentuh berikon “G” pada earpiece untuk mengatur volume, mengganti lagu, maupun mengontrol panggilan telepon dengan sentuhan jari. Selain itu, terdapat pula sensor inframerah yang memungkinkan mode pause saat peranti tidak digunakan.

Baca Juga: Kolaborasi Proyek Gim Klasik Teknologi Modern Garapan Touchten

Produk ini juga dibekali fitur pendukung seperti Google Assistant yang bisa menerjemahkan suara lawan bicara, serta Adaptive Sound yang mengatur volume secara otomatis berdasarkan tingkat kebisingan sekitar. Peranti ini sudah bersertifikat IPX4, artinya tahan cipratan air yang wajar. Yang menarik, fitur Find My Device, yang membantu pemakai saat lupa meletakkan earbud. Salah satu earbud akan bersuara dan berhenti otomatis ketika sudah ditemukan atau tersentuh.

Fon telinga berdaya tahan 5 jam untuk sekali pengisian penuh ini tersedia dalam empat warna, yaitu Clearly White, Almost Black, Quite Mint, dan Oh So Orange. Harganya? Sekitar Rp 2,7 juta, alias 179 dollar AS.

Baca Juga: Situasi Pandemi Tidak Menurunkan Kualitas Kinerja EBA-SP SMF

Lanjut baca

Techno

Diagnosis COVID-19 Cepat lewat Cloud dan AI

Heru Yulianto

Diterbitkan

pada

Penulis:

Foto: Istimewa

Akhir Maret lalu, Alibaba Cloud menawarkan teknologi cloud dan AI (kecerdasan buatan) untuk tenaga medis di seluruh dunia yang tengah berperang melawan pandemi COVID-19. Teknologi ini membuat pengujian melalui mesin 60 kali lebih cepat ketimbang deteksi oleh manusia.

Dua rumah sakit di Indonesia terpilih menjadi mitra mereka, yaitu Rumah Sakit Eka, dan Rumah Sakit OMNI. Dalam kemitraan ini, Alibaba Cloud akan menyediakan teknologi analisis gambar CT scan. Analisis berbasis AI ini dilakukan oleh Alibaba Cloud Indonesia tanpa menyimpan data pribadi. Gambar CT scan yang telah dianonimkan, setelah dianalisis, lantas dikembalikan ke rumah sakit sebagai rujukan yang lebih akurat bagi dokter.

Baca Juga: Jawab Kebutuhan Ruang dan Kecepatan

Selain itu, dibangun pula www.thoraxcovid.id, yakni portal sistem medis yang disiapkan oleh Medinesia, partner lokal Alibaba Cloud Indonesia. Rumah sakit dapat menggunakan portal ini untuk mengirimkan gambar CT scan pasien yang dianonimkan untuk dianalisis algoritma Alibaba Cloud. Hasil analisis dikirim kembali ke portal untuk menjadi referensi rumah sakit saat membuat keputusan diagnosis.

Teknologi ini telah digunakan di lebih dari 160 rumah sakit di Tiongkok selama wabah COVID-19, dan telah berhasil membantu dokter di Tiongkok membuat diagnosis yang cepat dengan tingkat akurasi 96 persen.

Baca JugaForum Ekonomi Dunia Nobatkan OnlinePajak Sebagai Pionir Teknologi 2018

Lanjut baca

Breaking News

Breaking News2 hari lalu

Ini 5 Poin Usulan Indonesia untuk Kerja Sama Perkuatan Pariwisata di ASEAN

Jakarta, Majalah Pajak – Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengusulkan lima komitmen kerja...

Breaking News3 hari lalu

Potong Rambut Gimbal, Rangkaian Dieng Culture Festival Ini Dihelat Secara Virtual

Dieng, Majalahpajak.net – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak masyarakat untuk menyaksikan wisata virtual dalam ajang...

Breaking News4 hari lalu

Pegadaian Perpanjang Program Gadai Tanpa Bunga Hingga Akhir Desember 2020

Jakarta, Majalah Pajak – PT Pegadaian (Persero) memperpanjang program Gadai Peduli untuk masyarakat hingga 31 Desember 2020 mendatang. Program Gadai...

Breaking News4 hari lalu

Merajut Komunikasi, Mendorong Sinergi

Komite Penanganan Covid-19 dan PEN diharapkan mampu mempercepat dan mengoptimalkan serapan anggaran stimulus pemerintah.   Pada 20 Juli lalu, Presiden...

Breaking News4 hari lalu

DPR Setujui RUU Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBN 2019 jadi Undang-Undang

Jakarta, Majalah Pajak – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan...

Breaking News5 hari lalu

Meningkatkan Kreativitas Menyampaikan Pesan untuk Wajib Pajak

Jakarta, Majalah Pajak – Pandemi Covid-19 membuat pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan di kantor, kini banyak dilakukan di rumah dengan memanfaatkan...

Breaking News5 hari lalu

Strategi Pulihkan Ekonomi Pascapandemi

Jakarta, Majalahpajak.net- Tahun 2020 merupakan tahun yang menantang bagi Indonesia. Sempat ditargetkan mencapai angka di atas lima persen hingga awal...

Breaking News5 hari lalu

Peluang Investasi di Tengah Upaya Pemulihan Ekonomi

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan banyak perubahan besar di segala aspek kehidupan, terutama dalam hal dampak ekonomi yang ditimbulkannya. Banyak negara...

Breaking News6 hari lalu

Membangkitkan Sektor Perumahan yang Lesu

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF mengucurkan pembiayaan untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah atau KPR iB sebesar Rp...

Breaking News1 minggu lalu

Memanfaatkan Data dan Informasi untuk Membangun Desa

Sebagai unit terkecil pemerintahan, desa adalah sebuah mula dari peradaban. Tempat bertumbuhnya ragam budaya dan kearifan lokal Indonesia. Di sisi...

Populer