Terhubung dengan kami
Pajak-New Year

Property

Keseimbangan Skandinavian di Tengah Tengerang

Ruruh Handayani

Diterbitkan

pada

Tax People Share!
  • 457
  • 534
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    991
    Shares

Tak Perlu jauh-jauh ke Eropa Utara untuk merasakan nuansa kultur Skandinavia yang sederhana nan penuh bahagia. Tangcity Developments menyuguhkannya untuk Anda lewat hunian vertikal teranyarnya.

 

Akhir November lalu, pengembang Tangcity Developments mengadakan soft launching tower terbarunya, Skandinavia Apartement. Hunian vertikal ini merupakan bagian dari pengembangan Superblock Tangcity, Kota Tangerang, Banten yang mulai dibuka sejak tujuh tahun silam.

Walau pertumbuhan sektor properti belum terlalu menggembirakan, manajemen optimistis, pembangunan tower 37 lantai ini akan selesai tepat waktu—serah terima dimulai pada Desember 2018, seiring dengan keberhasilan penjualan tiap unitnya yang saat ini telah mencapai 60 persen.

“Apartemen ini sangat kami yakini bisa berhasil, karena Kota Tangerang (memiliki) populasi yang sangat padat (sebanyak) 2,1 juta jiwa, sementara luas lahannya hanya 184 kilometer persegi, dengan infrastruktur yang begitu hebatnya,” jelas Direktur Marketing Tangcity Developments Norman Eka Saputra di acara tersebut, Sabtu (25/11).

Keyakinan manajemen agaknya tidak berlebihan. Di Kota Tengerang, hotel bintang empat yang dua tahun lebih dulu beroperasi kini memiliki tingkat okupansi di atas 90 persen, sementara tingkat kunjungan Tangcity Mall mencapai 40 hingga 60 ribu pengunjung per hari.

Kultur Eropa Utara

Sesuai namanya, konsep bangunan dan interior hunian vertikal ini mengadopsi gaya Skandinavian. Seperti kita tahu, pada 2016 dan tahun-tahun sebelumnya, PBB merilis data bahwa negara-negara di Skandinavia memiliki indeks kebahagiaan penduduk yang tinggi. Denmark bahkan ditetapkan sebagai negara terbahagia di dunia. Melihat itu, pengembang mengkaji pengaplikasian konsep Skandinavian.

“Sebelum menentukan konsep, kami bersama house interior designer mengkaji ini setahun lebih, bagaimana meng-incorporate elemen-elemen Skandinavia yang sangat haus akan pencahayaan matahari, lalu juga warna-warna yang down tone, tapi tetap seimbang,” tutur Norman.

Langgam Skandinavian memang biasa diaplikasikan pada hunian yang sempit agar terkesan lapang. Walau hanya menampilkan warna monokromatik, desain dengan gaya ini selalu tampil menarik, simpel, modern, sekaligus berkarakter.

Penataan ruang dibuat minimalis serta mengedepankan fungsi, sesuai dengan filosofi hidup warga Swedia yang disebut lagom (cukup dan seimbang).

Selain penentuan warna pada dinding interiornya, tekstur gaya Skandinavian sering kali menggunakan material alam, seperti kayu, kulit, dan bulu. Sisi pencahayaan juga sangat diperhatikan dengan menempatkan bukaan besar pada jendela, agar semaksimal mungkin mendapat cahaya alami.

Penataan ruang pun dibuat minimalis serta mengedepankan fungsi, sesuai dengan filosofi serta gaya hidup sederhana warga Swedia yang disebut lagom, yang berarti cukup dan seimbang.

Aplikasi jenius

Untuk urusan kemudahan dan kenyamanan bagi para penghuni, pengembang enggan menerapkan teknologi “secukupnya”. Pasalnya, setiap penghuni akan dibekali aplikasi Genius Home untuk telepon pintar mereka. Aplikasi ini memungkinkan penghuni mengoperasikan sejumlah perangkat secara otomatis, seperti lampu, AC, dan gorden. Ini bisa terjadi berkat sebuah router yang sudah terintegrasi dengan aplikasi tersebut.

Tak hanya itu, aplikasi ini memungkinkan Anda berinteraksi dengan pengelola jika ada kebutuhan pelayanan (e-Tenant Relation) atau kerusakan (e-Engineering), dan juga local commerce (e-Shopping). Layaknya e-Commerce pada umumnya, fitur e-Shopping memungkinkan Anda memesan kebutuhan sehari-hari termasuk makanan. Pesanan Anda akan diantar ke unit. Bedanya, barang yang bisa dibeli hanya berasal dari outlet dalam superblock saja.

“Kami akan bekerja sama dengan vendor-vendor yang terletak di superblock, khususnya di mal, supaya pengantaran makanan dan kebutuhan sehari-hari bisa terpenuhi secara mudah,” imbuh Norman.

Untuk fasilitas di luar unit, pengembang juga menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung, seperti pusat kebugaran, salon, laundry, dan lain-lain. Sedangkan untuk kebutuhan ruang terbuka hijau, pengembang menyediakan kolam renang berkonsep infinity pool, taman tropikal, serta barbeque area. Ada juga Taman Potret yang dilengkapi dengan jogging track, taman bermain tematik, Wi-Fi, dan kedai jajanan.

Editor Majalah Pajak
Freelance writer, Part-time Traveller, Full-time learner

Klik untuk Komen

TaxPoeple, Anda harus masuk log untuk mengirim komentar Masuk

Balas

Breaking News

Breaking News1 minggu lalu

Capital Life Syariah dan AAD Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah

Tax People Share!        157SharesPT Capital Life Syariah dan PT Asuransi Adira Dinamika (AAD) menandatangani Perjanjian Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah, di...

Breaking News3 minggu lalu

Majalah Pajak Print Review

Tax People Share!         Post Views: 2.074

Breaking News3 bulan lalu

Topik Pajak sudah di Rumah-Rumah Kopi

Tax People Share!          Melalui sosialisasi yang intens dan pemahaman kultur masyarakat setempat, kesadaran pajak muncul. Kondisi geografis Provinsi Maluku terdiri...

Breaking News3 bulan lalu

Amankan Penerimaan Pajak di Papua dan Maluku

Tax People Share!        Waktu yang tersisa untuk mencapai target penerimaan pajak 2017 tinggal beberapa bulan. Menyadari itu, Kanwil DJP Papua dan...

Breaking News4 bulan lalu

Memupuk Talenta Warga Sekitar

Tax People Share!        Penulis : Novita Hifni Holcim melakukan kegiatan pemberdayaan yang bersinergi dengan bisnis perusahaan untuk kemajuan bersama. Pengembangan masyarakat...

Breaking News6 bulan lalu

“You Can Run but You Can’t Hide Understanding E-commerce Tax & Bank Secrecy”

Tax People Share!        Pajak E-commerce dan PERPPU no. 1 thn 2017 (tentang keterbukaan rahasia keuangan) merupakan topik yang hangat dan sedang...

Breaking News11 bulan lalu

Tidak Memetik tanpa Menanam

Tax People Share!        Kepercayaan Wajib Pajak sangat bergantung pada “equal treatment” yang mereka dapatkan dari institusi pajak, baik dari sisi pelayanan,...

Breaking News2 tahun lalu

Bea Cukai dan DJP Mesti Bersinergi Menggali Potensi Pajak

Tax People Share!        Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) mengapresiasi kinerja Drirektorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI tahun...

Analysis2 tahun lalu

CITA: Tanpa Konvergensi Visioner, Insentif Pajak menggerus potensi pajak

Tax People Share!        Oleh: Yustinus Prastowo Program Pemerintah hanya akan berhasil jika didukung penerimaan yang cukup. Kita ingat pepatah “Besar pasak...

Breaking News2 tahun lalu

Ini Cara Kerja Listrik Tenaga Air Versi Tri Mumpuni

Tax People Share!        Air dari sungai dibendung kemudian dialirkan melalui parit. Kira-kira 300 hingga 500 meter dari bendungan, sebagian air dialirkan...

Advertisement Pajak-New01

Trending