Terhubung dengan kami

Auto

Kado Spesial 50 Tahun Mercedes-Benz AMG

Heru Yulianto

Diterbitkan

pada

Merayakan 50 tahun usianya, Mercedes-Benz AMG tampil lebih agresif, dengan performa lebih mumpuni daripada model Mercedes model biasa.

Menandai perayaan ulang tahun ke-50 AMG kali ini, Mercedes-Benz luncurkan seri GLA 200 AMG (Aufrecht Melcher Großaspach) Edition 50. Peluncuran itu bertepatan dengan ajang Star Expo 2017 di Ciputra Artpreneur, Ciputra World 1, Kuningan, Jakarta.

Ajang bergengsi ini hanya berlangsung selama empat hari, yakni dari  tanggal 25 hingga 29 Oktober 2017. Selain memamerkan line up unggulannya, Pada event tahun ini, Mercedes-Benz juga memperkenalkan lima produk premium mereka.

“Dengan pameran mobil merek tunggal terbesar ini, Mercedes-Benz menunjukkan komitmennya dalam menawarkan portofolio paling luas pada segmen premium di Indonesia dengan menampilkan 32 mobil, dari model sporty hingga mewah,” ungkap Roelof Lamberts Presiden dan CEO PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI).

Mobil baru yang diperkenalkan pada event tersebut adalah GLC 200, GLE 250 d, GLE 400 AMG Line dan GLS 400 AMG Line, dan GLA 200 AMG Edition 50. Dari deretan produk premium itu, yang paling menarik perhatian Majalah Pajak adalah seri Mercy GLA 200 AMG Edition 50. Mobil ini kian terkesan spesial karena diproduksi bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-50 seri AMG.

Begitu memandang tampilan mobil model Sport utility vehicle (SUV) ini, kesan agresif langsung terasa. Balutan warna white pollar dengan tambahan aksen garis matt Black pada kap mesinnya menegaskan kesan garang, sekaligus elegan mobil ini. Untuk menambah kesan spesial, agaknya Mercedes-Benz sengaja tidak menyediakan warna lain selain kombinasi warna tersebut.

Edisi terbatas

Pada kaki-kaki, kehadiran pelek AMG light alloy multi-spoke berukuran 19 inci menjadi pembeda dengan seri GLA 200 reguler yang hanya berukuran 17 inci. Untuk menegaskan , lencana EDITION juga terpampang rapi di sisi samping menambah kesan prestise GLA 200 AMG Edition 50 ini.

Pada bagian interior, perubahan yang sangat mencolok sangat terlihat di AMG edisi spesial ini. Secara keseluruhan bangku dibalut dengan kulit beraksen garis lurus dan memakai model bucket seat yang mampu menopang tubuh dengan sempurna serta memberikan kesan seperti dalam sebuah mobil balap. Guna mendukung kenyaman dalam berkendara, GLA 200 AMG Edition 50 dilengkapi dengan media display 8 inci pada dasboard yang dilengkapi dengan kamera 360 serta Parking pilot untuk memudahkan pengendara dalam memarkirkan kendaraannya. Selain itu, di bagian ini juga diberikan perangkat audio Harman/Kardon Logic 7 yang sudah terbukti mempunyai kualitas audio terbaik.

Soal tenaga, Mercy ini dibekali mesin berkapasitas 1.600 cc empat silinder yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 156 dk di 5.300 rpm dan mempunyai torsi maksimum sebesar 250 Nm di rentang 1.250 – 4.000 rpm. Sehingga, mobil ini mampu menempuh jarak dari 0-100 km/jam dalam waktu 8,4 detik serta memiliki kecepatan puncak mencapai 250 km/jam.

GLA 200 AMG Edition 50 memiliki panjang 4417 mm, lebar 1804, dan tinggi 1494 mm dan mempunyai bobot kendaraan 1435 kg. Sebagai simbol perayaan ulang tahun ke-50 AMG, GLA 200 AMG Edition 50 terasa sangat spesial karena memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh Mercedes-Benz seri GLA 200 reguler. Kesan eksklusif begitu terasa karena mobil ini di impor langsung dari Jerman dan hanya tersedia 50 unit saja. Jika Anda berminat, sebuah GLA 200 AMG Edition 50 ini dibanderol harga Rp 799 juta setiap unitnya.

Klik untuk Komen

TaxPoeple, Anda harus masuk log untuk mengirim komentar Masuk

Balas

Auto

Wajah Baru sang Penakluk Tantangan

Majalah Pajak

Diterbitkan

pada

Penulis:

[intro]

Tampil dengan banyak ubahan desain dan teknologi teranyar, All New Pajero Sport hadir untuk pengendara yang gemar bereksplorasi dan suka menaklukkan tantangan baru.[/intro]

Mitsubishi All New Pajero Sport kini hadir dengan desain baru dan performa mesin yang lebih tangguh. Mengusung tema “A Vision to Explore”, sport utility vehicle (SUV) ini seolah ingin mengukuhkan eksistensinya sebagai kendaraan modern yang cocok bagi keluarga yang gemar bereksplorasi dan suka menaklukkan tantangan baru. Jika pengembangan model sebelumnya mengadopsi desain All New Triton, Pajero generasi kedua ini sama sekali tampil berbeda, baik dari eksterior, interior, maupun performa mesinnya.

Dapur pacu mobil yang menyasar pengguna kalangan atas ini hadir dalam empat pilihan, yaitu GLX 4X4 M/T, Exceed 4X2 A/T, Dakar 4X2 A/T, dan Dakar 4X4 A/T. Seri Exceed dan GLX menggunakan mesin, 4D56 2.5L DI Commonrail Turbocharged and Intercooled DOHC (EURO II) dengan tenaga maksimum sebesar 136 DK pada putaran mesin 4000 rpm. Sedangkan torsi maksimum, mesin ini menghasilkan daya sebesar 33 kgm pada putaran mesin 2.000 rpm. Sistem transmisi seri Exceed menggunakan 5 percepatan automatic transmission (AT), sedangkan tipe GLX menggunakan 5 percepatan manual transmission (MT).

Bagi penggila kecepatan, seri Dakar adalah pilihan paling tepat karena dibekali mesin diesel baru 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged and Intercooled (EURO II) yang menghasilkan tenaga maksimum sebesar 181 DK pada putaran mesin 3.500 rpm, dengan torsi maksimum 43.8 kgm pada putaran 2.500 rpm. Dengan sistem transmisi 8 percepatan AT yang dimilikinya, seri ini bakal sanggup memacu adrenalin Anda. Mana pun pilihan Anda, kedua mesin itu diklaim mampu menghasilkan tenaga dan akselerasi yang prima. Suara mesin juga lebih halus. Meski bertenaga besar, penggunaan bahan bakar mobil sport premium ini terbilang efisien.

Wajah baru

Menilik ubahan desain dan kelengkapan fitur yang dimiliki, All New Pajero Sport diprediksi bakal menjadi pesaing besar bagi penggemar SUV premium di Indonesia. Dari sisi eksterior, misalnya, mobil ini sudah mengaplikasikan dynamic shield, konsep desain anyar yang dikembangkan oleh Mitsubishi. Dari depan, lampu utama dibuat sipit, lengkap dengan LED DRL dan lampu xenon pada lensa proyektornya. Pada varian Dakar masih meninggalkan jejak desain lawasnya, yakni headlamp washer yang ditempatkan di bawah lampu depan. Tampilan kian terlihat garang berkat gril chrome yang terhubung antara headlamp kanan kiri dan logo Mitsubishi di tengahnya. Sayangnya, jika dicermati lebih detail, masih ada celah menganga cukup tinggi antara kap mesin dan gril sehingga sedikit terkesan kurang rapi.

[pullquote position=”left”]Jika dicermati lebih detail, masih ada celah menganga cukup tinggi antara kap mesin dan gril sehingga sedikit terkesan kurang rapi.[/pullquote]

Dilihat dari samping, ukuran wheel arch All New Pajero Sport sedikit lebih tinggi dan lebar dibandingkan generasi sebelumnya. Kesan tinggi mobil dengan ground clearance 218 mm ini kian terlihat karena bagian dalam wheel arch tidak diberi lapisan penutup atau pelindung. Ditambah lagi, standar ban bawaan mobil ini cukup tebal karena berukuran 265/60 dengan pelek 18 inci yang mengaplikasikan two tone blade style finishing.

Melongok bagian buritan mobil ini barangkali agak kontras dengan tampang depannya. Paling menyolok adalah desain lampu belakang yang dinilai mirip dengan desain lampu Honda Jazz GK5. Bedanya, hanya posisi lampu remnya diletakkan terbalik. Jika lampu rem Jazz GK5 ada di bagian atas, pada Pajero Sport lampu remnya berada di bawah, meruncing hingga ke dasar kabin belakang.

Interior nyaman

Kenyamanan kabin dan interior merupakan prioritas utama mobil generasi kedua seri Pajero Sport ini. Selain kabin luas, desain interior mobil ini juga cukup mewah. Jok mobil berlapis kulit yang memiliki bantalan-bantalan tebal nan empuk memberikan kenyamanan ekstra ketimbang varian sebelumnya. Untuk mengatur posisi kemudi yang ideal cukup mudah karena jok pengemudi memiliki driver power seat adjuster, yakni beragam mode pengaturan posisi duduk, ditambah dengan kemampuan setir yang dilengkapi pengaturan tilt & telescopic. Pada bagian dasbor tengah, Pajero Sport seolah ingin menonjolkan kesan mewah di kabin dengan sentuhan desain dengan mengaplikasikan panel warna kayu. Pada varian Dakar 4×2 A/T, panel kayu tampak melengkapi jok tiga baris yang dibungkus kulit hitam yang diharapkan mencitrakan kemewahan. Sayangnya, material pada dasbor dan door-trim mayoritas menggunakan bahan plastik keras. Jika menggunakan bahan softpad, kesan mewahnya tentu akan semakin terpancar.

Untuk menyuguhkan kenyamanan pengendara, mobil ini juga dilengkapi sunroof, AC dual zone, rem parkir elektrik yang memudahkan ketika parkir karena telah dilengkapi dengan LCD monitor yang terintegrasi dengan kamera belakang. Mobil ini juga menyediakan fitur keamanan terbaik di kelasnya, seperti Dual SRS Airbag dengan pretensioners yang secara otomatis mengencangkan sabuk ketika terjadi benturan.

All New Pajero Sport tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu White Pearl, Sterling Silver, Black Mica, Titanium Grey Metalic, dan Deep Bronze Metallic dengan kisaran harga kurang lebih setengah miliar rupiah.

Lanjutkan Membaca

Auto

Yang Elegan dan Berkelas dari Mazda

Heru Yulianto

Diterbitkan

pada

Penulis:

 

 

Rasakan sensasi keamanan dan kemewahan ekstra pada penampilan terbaru dari Mazda.

Pertengahan April lalu, PT Mazda Motor Indonesia resmi meluncurkan seri terbaru New Mazda CX-5 dan New Mazda6. Kendaraan yang dilengkapi dengan berbagai inovasi baru ini menjadi andalan Mazda untuk segmen sedan besar.

Sama seperti seri sebelumnya, kedua mobil ini sepenuhnya mengadopsi mesin revolusioner SKYACTIV Technology. Teknologi ini diklaim unggul dari segi perfoma dan efisiensi.

Teknologi tersebut memungkinkan kedua kendaraan ini tampil maksimal karena mampu menghasilkan energi sebanyak mungkin. Di sisi lain, tetap dapat mentransfer energi seefisien mungkin.

Baik New Mazda CX-5 maupun New Mazda6 memiliki konfigurasi 1.998 cc untuk SKYACTIV G-2.0L dan 2.488 cc untuk SKYACTIV G-2.5. Masing-masing memiliki 4 silinder in-line, DOHC, 16 katup dengan injeksi bensin didukung oleh dual S-VT dan kompresi tinggi (13:0:1). Jadi, jangan heran jika mobil ini mampu menghasilkan percepatan luar biasa, 60 mph dalam waktu 9,2 detik. Dan, menempuh jarak 1/4 mil dalam waktu 17,1 detik pada percepatan 83 mph.

 

New Mazda CX-5

Mobil ini merupakan compact crossover SUV terbaru yang dikembangkan Mazda untuk menjadi SUV terbaik. Kendaraan ini mengadopsi penuh teknologi SKYACTIV meliputi SKYACTIV-G 2.0L dan SKYACTIV-G 2.5L, Transmisi SKYACTIV-DRIVE, SKYACTIV-CHASSIS dan SKYACTIV-BODY.

Berdesain KODO-Soul of Motion khas Mazda, New Mazda CX-5 tampak kokoh tapi ringan karena berbahan dasar baja regangan tinggi. Eksteriornya lebih elegan dan tegas dibandingkan seri sebelumnya.

Keberadaan LED Signature, menggantikan Bi-Xenon, membuat headlamp makin tajam. Desain velg tampil lebih segar, berbahan alumunium berdiameter 17 inci (tipe Sport dan Urban) dan 19 inci (tipe Touring dan Grand Touring).

Sentuhan baru tampak pada bagian interior mulai dari dasbor, perangkat kontrol, hingga ragam hiburan. Terdapat fitur i-ACTIVSENSE yang terdiri dari Adaptive LED Headlamps (ALH), Lane-Keep Assist System (LAS), Driver Attention Alert (DAA), Advanced Blind Spot Monitoring (A-BSM) dan Smart City Brake System (SCBS). Kesemua fitur itu memberikan kemudahan dan keamanan saat berkendara.

Ada pula MZD Connect, fitur yang dapat menghubungkan antara perangkat telepon seluler dengan layar sentuh pada dasbor melalui koneksi Bluetooth atau USB. Sehingga, pengendara dapat menikmati hiburan yang tersedia pada web content, berinteraksi di media sosial dan mendengarkan musik.

New Mazda hadir dengan enam varian warna. Antara lain Soul Red Metallic, Jet Black Mica, Deep Crystal Blue Mica, Crystal White Pearl Mica, Meteor Grey Mica, dan warna terbaru, Sonic Silver Metalic.

New Mazda 6

Kendaraan ini juga mengadaptasi SKYACTIV Technology. Bodi New Mazda6 tampil lebih gelap dan menonjolkan kesan berenergi. Diameter velg 19 inci, berbahan alumunium berkualitas.

LED Signature mengelilingi grill depan sehingga memberikan efek siluet khas KODO Design. Perubahan juga tampak pada bagian interior yang kini didominasi warna putih, panel dan konsul yang ditata makin apik.

Untuk kenyamanan berkendara, New Mazda6 dibekali suspensi baru untuk meredam getaran ke dalam mobil. Baik New Mazda CX-5 maupun New Mazda6 dilengkapi sport mode membuat respons mesin makin sensitif, performa mesin lebih agresif, dan perpindahan gigi makin singkat.

Selain itu, terdapat sistem keamanan berteknologi tinggi seperti radar, laser dan kamera untuk memantau jalan dan lalu lintas. Tak ketinggalan, fitur-fitur canggih seperti MZD Connect, dual zone climate control, dan MID berukuran 3,5 inci.

MID berfungsi memberikan beragam informasi mulai dari jarak tempuh, konsumsi bahan bakar, jarak tempuh maksimal dengan bahan bakar yang tersedia, kondisi mesin, hingga status i-ELOOP. Semua fitur tadi membuat performa New Mazda6 makin elegan dan berkelas.

New Mazda6 memiliki lima varian warna. Antara lain soul red metallic, meteor grey mica, jet black mica, snowflake white pearl mica, dan warna baru, sonic silver metallic.

Tertarik? Harga New Mazda CX-5 dibanderol sekitar Rp 403–490 juta. Sementara New Mazda6 berkisar antara Rp 600–603 juta.

 

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca

Auto

Refleksi Gaya Hidup dan Cita Rasa Tinggi

W Hanjarwadi

Diterbitkan

pada

Penulis:

Hadir dengan desain elegan dan performa mumpuni, New Audi A8 L PI didedikasikan untuk mereka yang berkarakter kuat dan bercita rasa tinggi.

Tahun ini, Audi meluncurkan sedan premium New Audi A8 L Product Improvement (PI) 2014. Kehadirannya menyempurnakan seri Audi pendahulunya. Mengusung konsep kenyamanan maksimum dan kinerja mesin yang andal, produsen asal Jerman ini yakin kendaraan terbaru mereka mampu menggaet para pengguna atau kolektor mobil premium tanah air.

Selain tampilannya elegan, sedan ini didesain futuristik. Kendaraan tepat menyimbolkan status puncak bagi mereka yang sukses baik di karier maupun kehidupan sosial. Kendaraan ini juga didedikasikan bagi mereka yang memiliki gaya hidup dan cita rasa tinggi.

Mobil ini dibekali mesin V6 3.0 TFSI supercharger yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 310 hp dan torsi 440 Nm. Akselerasi dari 0—100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 5,9 detik. Sementara konsumsi bahan bakar sedan yang berstandar emisi EURO2 ini mencapai 7,9 liter per 100 kilometer. Itu artinya, konsumsi bahan bakar New Audi A8 L PI lebih irit 10 persen dibandingkan generasi sebelumnya.

Mengusung konsep kenyamanan maksimum dan kinerja mesin yang andal.”

Kekuatan mesin diimbangi dengan transmisi 8 percepatan yang dilengkapi dengan teknologi tiptronic. Teknologi ini membuat perpindahan gigi berlangsung cepat dan halus. Transmisi otomatis ini makin sempurna karena dipasangkan dengan sistem quattro. Yakni, teknologi penggerak semua roda (all-wheel-drive) khas Audi.

Si Bongsor yang “sporty”

Untuk mengurangi beban laju, New Audi A8 L PI dibangun menggunakan rangka khusus berbahan aluminium seberat 231 kg bernama Audi Space Frame. Dengan model rangka seperti itu, bobot keringnya hanya mencapai 1.880 kg. Padahal dari sisi dimensi, sedan mewah ini terbilang lebih panjang dibandingkan dengan sedan kompetitornya. Panjangnya mencapai 5.135 mm, sedangkan lebar 1.949 mm dan sumbu roda 2.992 mm.

Meski bertubuh panjang, New Audi A8 L PI hanya memiliki tinggi 1.460 mm, atau lebih pendek dibandingkan dengan rivalnya seperti Lexus LS 460 Base (1480.8 mm).

Tampilan seperti itu justru menyiratkan kesan sporty. Hal ini dipertegas dengan sistem pemilihan kendali standar Audi (Drive system select). Kendali ini dapat memilah berbagai komponen teknologi yang terdapat pada mobil. Sistem ini juga mampu mengatur tekanan udara termasuk peredam adaptif. Audi menawarkan pemasangan suspensi udara bernuansa sporty berdasarkan permintaan pelanggan. Power steering pada mobil ini pun menggunakan mekanisme elektrik yang lebih efisien.

Ditambah, keberadaan pelek 19 inci berukuran 255/45/R19. Sementara untuk versi Luxury disematkan pelek lebih besar, 21 inci, berbahan aluminium dengan desain eksklusif, 5-arm structure 275/35/R21.

Seperti pendahulunya, desain eksterior New Audi A8 L PI anggun dan ekspresif. Hal ini tampak pada komposisi dinamis antara permukaan, bentuk garis, dengan volume. Dari sisi depan, tampilan lampu Matrix LED yang menjadi ciri khas Audi bertengger serasi memperindah tampilan single-frame grille serta bentuk bemper depan mobil ini.

Mewah

Aura mewah terasa kental ketika kita menyisir interior mobil ini. Khusus untuk Audi versi Luxury, misalnya, dilengkapi lubang udara untuk pemanas dan fungsi pemijat dalam lima pilihan pada kursi bagian depan dan belakang. New Audi A8 L PI dibekali dua power seat lengkap dengan konsol tengah berbahan kulit. Plus, kursi sandar dengan penopang kaki yang dapat dilipat.

Fitur mewah tambahan lainnya adalah hiburan yang terintegrasi pada kursi belakang dan ionizer yang terletak pada power-closing door. Sementara kulkas berukuran mini terletak pada bagian belakang kursi penumpang.

Untuk memanjakan telinga penggunannya, mobil ini dilengkapi sistem pengeras suara canggih merek Bose dan berbagai fasilitas hiburan pada bagian kursi belakang. Jika masih kurang, versi Luxury, menawarkan sistem audio menggunakan Bang & Olufsen Advance Sound System dengan 19 speakers & subwoofer berperforma tinggi.

Meski berlimpah fitur, pengoperasiannya terbilang mudah. Contoh, kontrol Multi Media Interface dapat digunakan dengan cara menekan tombol pemutar berukuran besar. Atau, menggunakan layar sentuh yang terletak di bagian dasbor.

Keamanan ekstra

Fasilitas keamanan menjadi faktor penting dalam berkendara. Bodi mobil ini didesain mampu melindungi penumpangnya dari berbagai jenis benturan. Jika mengalami benturan frontal, empat pipa solid yang masing-masing terletak di bagian atas fender, saluran longitudinal, buffer di depan subframe mesin dan as roda depan akan berfungsi menyerap daya bentur.

Selain itu, terdapat sistem penahan adaptif. Sistem yang terletak di kabin ini diyakini mampu melindungi penumpang dengan berbagai ukuran tubuh. Keberadaannya cukup efektif karena mampu secara cermat mengelola kolaborasi antara airbags dengan sabuk pengaman otomatis tiga titik yang memiliki kemampuan adaptive force limiters.

         Untuk mengantisipasi benturan dari arah belakang, sistem penahan kepala integral mampu mencegah risiko cedera kepala. Sementara untuk melindungi benturan dari samping, empat sisi airbag dan airbag kepala akan bekerja secara otomatis melindungi seisi mobil yang dibanderol seharga di atas Rp 2 miliar ini.

Penulis: Waluyo Hanjarwadi

Foto: Arif Hasan Fauzi

 

Lanjutkan Membaca

Breaking News

Breaking News2 minggu lalu

Forum Ekonomi Dunia Nobatkan OnlinePajak Sebagai Pionir Teknologi 2018

OnlinePajak, aplikasi perpajakan pertama di Indonesia yang mengadaptasi teknologi blockchain, semakin menancapkan eksistensinya di dunia fintek setelah dinobatkan sebagai Pionir...

Breaking News5 bulan lalu

Panglima TNI: Patuh Pajak Wujud Cinta Tanah Air

Panglima Tentara Nasional Indonesia, Marsekal Hadi Tjahjanto, menegaskan, kepatuhan melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan merupakan wujud cinta tanah air bagi...

Breaking News6 bulan lalu

Capital Life Syariah dan AAD Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah

PT Capital Life Syariah dan PT Asuransi Adira Dinamika (AAD) menandatangani Perjanjian Kerjasama Pemasaran Produk Asuransi Syariah, di Kantor Pusat...

Breaking News7 bulan lalu

Majalah Pajak Print Review

Breaking News9 bulan lalu

Topik Pajak sudah di Rumah-Rumah Kopi

  Melalui sosialisasi yang intens dan pemahaman kultur masyarakat setempat, kesadaran pajak muncul. Kondisi geografis Provinsi Maluku terdiri atas kepulauan,...

Breaking News9 bulan lalu

Amankan Penerimaan Pajak di Papua dan Maluku

Waktu yang tersisa untuk mencapai target penerimaan pajak 2017 tinggal beberapa bulan. Menyadari itu, Kanwil DJP Papua dan Maluku mengundang...

Breaking News10 bulan lalu

Memupuk Talenta Warga Sekitar

Penulis : Novita Hifni Holcim melakukan kegiatan pemberdayaan yang bersinergi dengan bisnis perusahaan untuk kemajuan bersama. Pengembangan masyarakat (community development)...

Breaking News12 bulan lalu

“You Can Run but You Can’t Hide Understanding E-commerce Tax & Bank Secrecy”

Pajak E-commerce dan PERPPU no. 1 thn 2017 (tentang keterbukaan rahasia keuangan) merupakan topik yang hangat dan sedang sering diperbincangkan....

Breaking News1 tahun lalu

Tidak Memetik tanpa Menanam

Kepercayaan Wajib Pajak sangat bergantung pada “equal treatment” yang mereka dapatkan dari institusi pajak, baik dari sisi pelayanan, sosialisasi maupun...

Breaking News3 tahun lalu

Bea Cukai dan DJP Mesti Bersinergi Menggali Potensi Pajak

Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) mengapresiasi kinerja Drirektorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai Kementerian Keuangan RI tahun 2015. Sesuai...

Advertisement Pajak-New01

Trending